Larry Page pendiri Google

Biografi Larry Page: Ayah Mesin Pencari “Google”

Biografi Larry Page – Larry Page adalah seorang pengusaha pada bidang internet dan juga merupakan ilmuwan komputer. Larry Page memiliki teman yang bernama Sergey Brin. Mereka bersama-sama mendirikan mesin pencari Google pada tahun 1998.

Biodata Larry Page

Nama Lengkap: Lawrence Edward Page

Nama Populer: Larry Page

Lahir: 26 Maret 1973 Lansing, Michigan, AS

Tempat Tinggal: Palo Alto, California, AS

Alma mater: Universitas Michigan (Bachelor of Science), Universitas Stanford (Master of Science)

Orangtua: Carl Victor Page (Ayah), Gloria Page (Ibu)

Kekayaan Bersih: US $ 51,1 Miliar (2019)

Title: CEO Alphabet Inc

Siapakah Larry Page?

Larry Page dilahirkan di Michigan pada tahun 1973. Kedua orangtuanya merupakan ahli komputer. Larry Page mengikuti jejak orangtuanya, ia belajar teknik komputer di Universitas Stanford.

Larry Page bertemu, dan berteman dengan Sergey Brin di kampusnya. Page dan Brin mengembangkan mesin pencari yang mendata hasil pencarian berdasarkan PageRank. Mesin pencari itu dinamakan “Google”.

Sejak peluncurannya di tahun 1998, Google menjadi mesin pencari paling populer di dunia.

Pendidikan Larry Page

biografi larry page
(businessinsider.com)

Lawrence Edward Page atau yang biasa dipanggil dengan Larry Page, lahir pada tanggal 26 Maret 1973, di East Lansing, Michigan. Ayahnya, Carl Victor Page, memperoleh gelar PhD di bidang ilmu komputer di Universitas Michigan.

Menurut  wartawan BBC yang bernama Will Smale, ayahnya merupakan seorang “pelopor dalam ilmu komputer dan artificial intelligence”. Dan ibunya, Gloria Page, adalah seorang dosen pemrograman komputer di Lyman Briggs College dan Universitas Negeri Michigan.

Keahlian Page dalam hal teknologi bisa dikatakan sudah mendarah daging, karena seluruh isi rumahnya berisikan hal-hal mengenai teknologi. Page pertama kali tertarik pada komputer saat berusia enam tahun.

Berkat ketekunannya, Page menjadi “anak pertama di sekolah dasar yang berhasil menyerahkan tugas dari software pengolah kata”. Sejak kecil ia sudah ingin menciptakan sesuatu, karena itu Page sangat tertarik pada teknologi dan bisnis.

Larry Page bersekolah di Okemos Montessori School ( sekarang Montessori Radmoor) dari tahun 1975 sampai 1979. Kemudian ia lulus dari East Lansing High School pada tahun 1991. Ia juga telah menerima gelar Bachelor Of Science di bidang teknik komputer dari Universitas Michigan.

Tidak hanya itu, ia juga menerima penghargaan dan gelar Master of Science bidang ilmu komputer di Universitas Stanford. Selama di Universitas Michigan, Larry berhasil menciptakan “printer inkjet”.

Baca Juga: Biografi Albert Einstein

Larry Page dan Sergey Grin

biografi larry page
(businessinsider.com)

Google memiliki asal-asulnya dalam ”BackRub”, sebuah proyek penelitian yang dimulai pada tahun 1996 oleh Larry Page dan Sergey Brin. Proyek ini awalnya secara tidak langsung melibatkan “pendiri ketiga” bernama Scott Hasan.

Hasan merupakan pemimpin program yang telah menulis banyak kode untuk mesin Google Search asli, tetapi Hasan pergi sebelum Google secara resmi didirikan menjadi sebuah perusahaan.

Hasan melanjutkan karirnya di bidang robotika dan mendirikan perusahaan Willow Garage pada tahun 2006.

Dalam pencarian tema disertasinya (Larry) di Universitas Stanford, Larry mempertimbangkan untuk mengeksplorasi sifat matematika World Wide Web (WWW), memahami struktur tautannya sebagai grafik besar. Lalu atasannya Terry Winograd, menyarankannya untuk melanjutkan ide briliannya itu.

Page mengingatnya sebagai saran terbaik yang pernah ia terima dalam hidupnya.

Selain itu ia juga mempertimbangkan untuk melakukan penelitian mengenai telepresence dan mobil self-driving selama masa disertasinya. Dan Page berfokus pada pemecahan masalah halaman web yang berhubungan antara satu dengan yang lainnya.

Ketika menjadi siswa di program PhD ilmu komputer, Larry bertemu Sergey Brin. Keduanya bertemu di musim panas tahun 1995. Awalnya mereka tidak cocok, karena ketidakcocokan mereka terhadap setiap topik yang dibicarakan. Kemudian pada akhirnya mereka memiliki ketertarikan yang sinergis yaitu mengenai mesin pencari.

Backrub dan Google

(swengky.blogspot.com)

Brin dan Page mulai kerjasama pada ide menarik yang dimiliki Page tentang membuat katalog setiap tautan di Internet. Mereka menamainya dengan sebutan “BackRub”, yang merupakan proyek pertama mereka pada tahun 1996.

Proyek ini memiliki tujuan dalam pengembangan teknologi yang dapat menciptakan perpustakaan digital universal. Mereka mengembangkan mesin pencari dengan mengembalikan daftar Backlink, yang peringkatnya tergantung pada kebutuhan.

Selain itu mesin pencari yang menghasilkan pencarian yang didasarkan pada algoritma PageRank. Pada saat itu, mesin pencari secara eksklusif terpaku pada seberapa sering kata kunci yang dicari muncul di halaman web.

Larry dan Brin ingin membangun BackRub dengan prinsip situs web yang paling banyak backlink akan paling relevan. Setelah BackRub mulai mengindeks situs web pada Maret 1996, indeks tumbuh sangat cepat. Pada bulan Agustus, sekitar 75 juta halaman telah diindeks yang menempati total 207 GB.

Sekitar 30 juta diantaranya adalah halaman HTML, sisanya kebanyakan adalah alamat email. Pada tanggal 4 september 1998 mereka mengubah nama BackRub menjadi Google yang diambil dari kata “googol”.

Kata Bijak Larry Page

(businessinsider.com)
  • Jika Anda mengubah dunia, Anda sedang mengerjakan hal-hal penting.  Dan anda bersemangat untuk bangun di pagi hari.
  • Anda tidak perlu memiliki perusahaan 100 orang untuk mengembangkan ide itu.
  • Selalu memberikan lebih dari yang diharapkan.
  • Selalu bekerja keras pada sesuatu yang menyenangkan dan tidak menyenangkan.
  • Jika kita termotivasi oleh uang, kita akan menjual perusahaan itu sejak lama dan berakhir di pantai.
  • Ini cukup rumit dan terdengar melingkar, tetapi kami telah menemukan cara menghitung pentingnya situs web.
  • Banyak perusahaan tidak berhasil seiring berjalannya waktu. Apa yang mereka lakukan pada dasarnya salah? Mereka biasanya ketinggalan masa depan.
  • Jika Anda bukan hal-hal yang gila, maka Anda melakukan hal-hal yang salah.
  • Kelompok kecil orang dapat memiliki dampak yang sangat besar.
  • Pada dasarnya, tujuan kami adalah mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal dan bermanfaat.
  • Terkadang penting untuk bangun dan berhenti bermimpi. Ketika sebuah mimpi yang sangat hebat muncul, raihlah itu.
  • Jika Anda memiliki produk yang benar-benar mendapatkan banyak penggunaan, maka itu mungkin ide yang bagus.
  • Mesin pencari utama akan mengerti apa yang Anda maksud dan memberikan apa yang Anda inginkan.
  • Sangat sulit untuk gagal sepenuhnya jika Anda bertujuan cukup tinggi.
  • Optimisme itu penting. Anda harus sedikit konyol tentang tujuan yang akan Anda tetapkan. Anda harus mencoba melakukan hal-hal yang kebanyakan orang tidak akan lakukan.
  • Lebih mudah untuk membuat kemajuan dalam mimpi-mimpi besar-ambisius. Karena tidak ada orang lain yang cukup gila untuk melakukannya, Anda memiliki sedikit kompetisi.
  • Kita seharusnya membangun hal-hal besar yang tidak ada.
  • Saya ingin melihat siapa pun dapat mencapai impian mereka, dan itulah yang dilakukan organisasi ini.

Penghargaan Larry Page (1998-2017)

biografi larry page
(businessinsider.com)
  • Pada tahun 1998, PC Magazine telah memuji Google sebagai salah satu dari 100 situs Web dan Mesin pencari teratas
  • Pada tahun 1999, PC Magazine memberi google penghargaan keunggulan teknis untuk inovasi dalam pengembangan Aplikasi Web.
  • Pada tahun 2000, Google mendapatkan Weeby Award, People’s Voice Award untuk pencapaian teknis, dan pada tahun 2001, dianugerahi Layanan Pencarian Luar biasa, Mesin Pencari Gambar Terbaik, Desain Terbaik, Mesin Pencari Paling Ramah Webmaster, dan Fitur Pencarian Terbaik di Search Engine Watch Award.
  • Pada Tahun 2002, Page dinobatkan sebagai pemimpin “Global Forum Ekonomi Dunia” untuk masa depan dan bersama dengan Brin, diberi nama oleh publikasi Tinjauan Teknologi Institut Teknologi Messachussetts (MIT) sebagai salah satu dari 100 inovator teratas di dunia dibawah usia 35.
  • Pada tahun 2003, Page dan Brin menerima gelar MBA dari IE Business School
  • Page dan Brin juga menerima penghargaan dan finalis Nasional untuk EY Entrepreneur of the Year Award pada tahun 2003.
  • Pada tahun 2004, Page dan Brin menerima hadiah dari Yayasan Marconi dan terpilih sebagai Fellows of the Marconi Foundation di Universitas Columbia.
  • Pada tahun 2004, X PRIZE memilih Page sebagai wali dewan mereka dan ia terpilih ke Akademi Teknik Nasional.
  • Pada tahun 2005, Brin dan Page terpilih sebagai Fellows dari Akademi Seni dan Sains Amerika.
  • Pada tahun 2009, Page menerima gelar doktor kehormatan dari University of Michigan selama upacara wisuda dimulai.
  • Pada akhir tahun 2014, majalah Fortune menamakan Page sebagai “Businessperson of the Year”, dan menyatakannya sebagai “CEO paling berani di dunia”.
  • Pada tahun 2015, di situs halaman Forbes menyatakan bahwa Google adalah “perusahaan paling berpengaruh di era digital”.
  • Pada bulan Oktober 2015, Page dinobatkan sebagai orang nomor satu “Kepala Eksekutif Amerika Paling Populer” di Forbes, sebagaimana dipilih oleh karyawan Google.
  • Pada tahun 2017, Page dianugerahi kewarganegaraan kehormatan Agrigento, Italia.

Itulah sekilas tentang “Biografi Larry Page” semoga dapat menginspirasi kalian. Sekian dan Terima Kasih!!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.