keselamatan kerja di bengkel

Keselamatan Kerja di Bengkel [Lakukan Segera Sebelum Terlambat]

Keselamatan kerja di bengkel – Keselamatan Kerja Adalah Segala upaya untuk mengurangi Kemungkinan Terjadinya kecelakaan saat melakukan pekerjaan.

Pada kali ini kami akan membahas mengenai keselamatan kerja di bengkel. Mari disimak baik-baik ya, agar kalian terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan

Keselamatan Kerja di Bengkel Mobil

keselamatan kerja
alsco.com.au

Keselamatan kerja di bengkel mobil, salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh pemilik bengkel ataupun para pekerjanya.

Setiap orang yang harus bekerja disana harus memiliki tanggung jawab dan mengerti setiap bagiannya masing-masing untuk mengamankan dirinya juga rekan kerjanya.

Ini merupakan contoh penerapan k3 di bengkel yang menjadi sebuah pola hidup sehat yang saat ini banyak digaungkan oleh tokoh ahli tata kehidupan.

Alat Keselamatan Kerja di Bengkel Mobil

Pekerjaan di sebuah bengkel mobil sangat rawan dan beresiko kecelakaan. Karena kamu akan bertemu dengan berbagai alat-alat dan bahan-bahan kimia yang digunakan untuk memperbaiki kendaraan ataupun untuk menjaga alat-alat tetap berfungsi seperti biasanya.

oleh karena itu dibuatlah alat alat keselamatan selama bekerja di bengkel mobil, diantaranya adalah

1. Baju Kerja

 

Baju khusus Maintenance difungsikan untuk melindungi tubuh dari bermacam bahaya yang mungkin terjadi selama proses perbaikan. Dianjurkan memakai pakaian bahan dasar cotton, karena iklim di Indonesia yang panas.

2. Kacamata Pelindung 

kacamata ini digunakan untuk melindungi mata dari bram-bram yang berterbangan, terutama bagi operator bubut.

Kacamata pelindung yang dipakai harus menutup seluruh bagian mata, namun tidak mengganggu pandangan operator. Dan terakhir harus membuat lubang kecil sebagai aliran hawa ke mata.

Jenis-jenis perlindungan mata yang bisa kamu kenakan antara lain:

  • Safety Spectacles, bermanfaat untuk melindungi mata dari fragmen terbang seperti benda dan partikel-partikel halus
  • Safety Goggles, berguna untuk menyelamatkan mata pengguna dari bahan gas seperti asap, uap, kabut dan cairan. Safety Goggles memberi segel ke seluruh tepi bagian mata.
  • Face Shields, merupakan jenis perlindungan wajah penuh untuk menghindari terjadinya cipratan kilat api. Ketika dipakai sendiri, wajah perisai tidak terlalu melindungi mata dari bahaya dampak, harus dibarengi juga dengan jenis kacamata diatas.

3. Safety Shoes

Sepatu keselamatan ini terbuat dari kulit yang bersifat isolator alias anti sengatan listrik. Bagian depan sepatu mengandung baja yang akan melindungi kaki dan jari-jari kaki dari timpaan bahan material seperti besi, baja dan logam.

Banyak jenis merek yang tersedia dengan berbagai ragam dan variasi, contoh Safety Shoes yang bisa kamu gunakan antara lain adalah CHEETAH Safety Shoes, KING’S Safety Shoes Comfort, BATA Bickz hingga Dr. OSHA Safety Shoes.

4. Helm Kerja

Helm kerja digunakan untuk melindungi bagian kepala dari beberapa kemungkinan bahaya seperti Timpaan bahan material, benturan, Lilitan, kotoran dan bahaya lain pada kepala dan rambut.

Helm yang digunakan juga setidak-tidaknya masih layak untuk dipakai alias tidak pecah maupun sompel.

5. Sarung Tangan

Sarung tangan tentunya berfungsi sebagai perlindungan seluruh bagian hingga ke pergelangan tangan. Sarung tangan untuk para mekanik juga berbeda dengan sarung tangan biasa. Jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:

  • Rubber Gloves, untuk melindungi tangan dari pekerjaan yang berhubungan dengan listrik
  • Metal Mesh Gloves, melindungi dari benda berbahan metal dan tajam, juga terhadap ancaman luka pada tangan
  • Leather Gloves, Perlindungan tangan terhadap permukaan-permukaan yang kasar
  • Sarung tangan anti panas, melindungi tangan dari panas dan percikan api las saat mengelas (Welding).

6. Pelindung Telinga

Di kawasan pabrik terutama industri, umumnya ada kebisingan dimana-mana. Kebisingan semacam ini akan mengganggu konsentrasi saat bekerja yang bisa menyebabkan timbulnya kecelakaan saat bekerja.

Berikut 2 jenis alat pelindung telinga yang direkomendasikan:

  • Ear Plug, adalah jenis penutup telinga yang biasanya terbuat dari foam, busa, spons dan Rubber (terbuat dari bahan karet)
  • Ear Muff, jenis penutup telinga yang lebih besar ketimbang ear plug. Alat ini mirip seperti head set untuk mendengarkan musik. Namun sayangnya tidak bisa dipakai berbarengan dengan helm kerja.

Keselamatan di Bengkel Sepeda Motor

Selanjutnya adalah keselamatan kerja di bengkel sepeda motor.  Sejalan dengan permasalahan, keselamatan menjadi salah satu aspek yang sangat penting.

Keselamatan kerja merupakan tanggung jawab semua orang baik yang terlibat langsung dalam pekerjaan dan juga masyarakat  produsen dan konsumen pemakai teknologi pada umumnya.

Fakta menunjukkan bahwa, pekerja bengkel sepeda motor kurang memperhatikan keselamatan kerja. Kemungkinannya adalah

  1. Kurangnya pengetahuan tentang keselamatan kerja
  2. Mereka sudah tahu, namun mengabaikannya karena punya kebiasaan buruk.

Untuk menjadi pekerja profesional, setiap orang wajib terlebih dahulu mempelajari keselamatan kerja. Semuanya ada aturan, dan aturan keselamatan kerja harus dilaksanakan dengan kesadaran tinggi.

Sikap dan kebiasaan kerja yang profesional dibentuk melalui disiplin yang kuat. Bahkan, sikap dan kebiasaan kerja merupakan kunci sukses seorang teknisi yang sukses.

Alat Keselamatan Kerja di Bengkel Motor

Untuk mendukung tercapainya keselamatan kerja di bengkel motor, maka kita harus menyiapkan sebagian alat alat keselamatan di bengkel motor, sehingga kita dapat menggunakannya saat dibutuhkan.

alat alat tersebut adalah

  1. Tabung Pemadam Kebakaran
  2. Pasir
  3. Kain Majun
  4. Serbuk kayu gergaji

Keselamatan Kerja di Bengkel Mesin Bubut

Setiap kegiatan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, sebaiknya diawali denga berdoa untuk keselamatan dan kelancaran kegiatan tersebut.

Selain itu, kita juga harus memahami cara-cara agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan kerja.

Alat Keselamatan Kerja di Bengkel Mesin Bubut

Untuk mendukung tercapainya keselamatan di bengkel motor, maka kita harus menyiapkan sebagian alat alat keselamatan di bengkel motor, sehingga kita dapat menggunakannya saat dibutuhkan.

Alat alat tersebut adalah

  1. Baju Kerja: pakai baju-baju yang tidak ada bagian yang terjurai /melabai-lambai supaya tidak terlilit putaran sumbu utama
  2. Sepatu: Pakai sepatu yang alasnya tidak licin, dianjurkan berbahan kulit atau karet. Selain itu hindari model sepatu yang berlubang-lubang besar, ntuk menghindari masuknya bram panas.
  3. Topi: Apabila rambut panjang disarakan memakai topi, agar rambut dimasukkan dalam topi. tujuannya agar tidak terlilit.
  4. Kacamata: Pelindung mata dari percikan bram
  5. Masker Hidung:  Mencegah masuknya debu /serbuk
  6. Alat Pembersih:  digunakan untuk membersihkan lantai dari tatal, yang dapat beresiko dapat membuat terpeleset pekerja.
  7. Alat pemadam Kebakaran: Biasanya untuk bengkel perkakas, untuk memadamkan api.

Keselamatan di Bengkel Listrik

Keselamatan kerja di bengkel listrik adalah keselamatan kerja yang bertalian dengan alat, bahan proses, tempat (lingkungan) dan cara-cara melakukan pekerjaan.

Tujuannya adalah untuk melindungi tenaga kerja dalam melaksanakan tugas-tugas. Pada dasarnya keselamatan kerja di bengkel listrik adalah tugas dan kewajiban setiap orang yang menggunakan daya listrik.

Undang undang no. 1 tahun 1970 adalah undang undang mengenai keselamatan kerja, yang berisi mengatur pasal pasal tentang keselamatan kerja untuk para pekerja.

Keselamatan di Bengkel Las

Proses pengelasan merupakan salah satu pekerjaan yang mempunyai banyak resiko atau bahaya. Karena saat proses pengelasan berlangsung, maka bahaya seperti asap, cahaya pengelasan, panas dan bahaya listrik akan timbul.

Oleh karena itu jika kita tidak memakai alat alat keselamatan, maka akan membahayakan keselamatan kita saat bekerja.

Alat Keselamatan Kerja di Bengkel Las

Dalam setiap pekerjaan memang selalu menimbulkan bahaya, oleh karena itu jika dibuatlah alat alat keselamatan kerja sebagai antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

Baik itu untuk pengelasan listrik SMAW, GMAW, GTAW, SAW atau las gas seperti OAW, menggunakan APD las adalah hal wajib. Jika kita memakai alat keselamatan sesuai standart maka jika ada kecelakaan kerja dapat diminimalisir.

  1. Pakaian kerja las atau apron: Melindungi tubuh dari panasnya percika las.
  2. Sarung tangan las: sarung tangan khusus untuk proses pengelasan.
  3. Sepatu las: melindungi kaki dari kejatuhan benda yang berat dan benda yang tajam.
  4. Helm las: Melindungi wajah dari percikan las
  5. Masker Las: Pelindung dari bahaya asap las, karena asap las berbeda dari asap biasa.

Keselamatan di Bengkel Elektronika

Setiap kegiatan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, sebaiknya diawali dengan berdoa untuk keselamatan dan kelancaran kegiatan tersebut.

Selain itu, kita juga harus memahami cara-cara agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan kerja.

Alat Keselamatan Kerja di Bengkel Elektronika

Alat alat keselamatan pada elektronika merupakan kelengkapan wajib digunakan saat bekerja sesuai kebutuhan untuk menjaga keselamatan para pekerja.

Alat alat tersebut diantaranya adalah

  1. Pakaian kerja: Sebagai pelindung tubuh
  2. Safety Helmet: Sebagai pelindung kepala
  3. Tali Keselamatan: Sebagai alat pengaman ketika menggunakan alat transportasi.
  4. Sepatu karet (sepatu boot): Sebagai alat pengaman saat bekerja di tempat yang becek ataupun berlumpur

1 komentar untuk “Keselamatan Kerja di Bengkel [Lakukan Segera Sebelum Terlambat]”

  1. Bayu Adi P

    bagi saya keselamatan di bengkel sangatlah penting

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.