Biografi Steve Jobs

Biografi Steve Jobs: Panglima Revolusioner Teknologi Modern

Biografi Steve Jobs – Steve Jobs ikut mendirikan Apple Computers dengan Steve Wozniak. Dibawah bimbingan Jobs, perusahaan memelopori serangkaian teknologi revolusioner, termasuk iPhone dan iPad

Biodata Steve Jobs

Nama: Steven Paul Jobs

Lahir: 24 Februari 1955 San Fransisco, California, AS

Meninggal: 5 Oktober 2011 (Berusia 56) Palo Alto, California, AS

Orangtua Biologis: Abdulfattah Jandali (Ayah), Joanne Carole Schieble (Ibu)

Orangtua Adopsi: Paul Reinhold Jobs (Ayah), Clara Jobs (Ibu)

Anak: Lisa Brennan-Jobs, Eve Jobs, Reed Jobs, Erin Siena Jobs

Keluarga: Mona Simpson

Dikenal Sebagai: Pelopor Revolusi Komputer Pribadi dengan Steve Wozniak. Bersama Membuat, Macintosh, iPod, iPhone, iPad, dan Apple Store pertama.

Biografi Singkat Steve Jobs

Steven Paul Jobs adalah seorang penemu, perancang dan wirausaha Amerika yang merupakan co-founder, chief executive dan chairman Apple Computer.

Produk revolusioner Apple, yang meliputi iPod, iPhone, dan iPad, kini dipandang sebagai pencetak evolusi teknologi modern. Dilahirkan pada tahun 1955 dari dua mahasiswa pascasarjana University of Wisconsin yang menyerahkannya untuk diadopsi.

Jobs mendirikan Apple bersama sahabatnya yang bernama Steve Wozniak pada tahun 1976. Sebelum Jobs mendirikan Apple, ia merupakan pria cerdas yang tidak memiliki arah dan tujuan.

Ia juga keluar dari perguruan tinggi dan bereksperimen dengan berbagai kegiatan. Jobs meninggalkan perusahaan Apple pada tahun 1985, meluncurkan Pixar Animation Studios, lalu kembali lagi ke Apple.

Jobs meninggal pada tahun 2011 setelah pertempuran panjang dengan kanker pankreas.

Baca juga: Biografi Albert Einstein

Keluarga Biologis dan Adopsi Steve Jobs

steve jobs
(entrepreneur.com)

Steven Paul Jobs lahir pada 24 Februari 1955, dari pasangan Abdulfattah Jandali dan Joanne Schieble, dan diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs.

Ayah kandungnya, Abdulfattah, dibesarkan di Homs, Suriah, dan dilahirkan dalam rumah tangga muslim Arab. Saat menjadi sarjana di Universitas Amerika di Beirut, Lebanon, Ayahnya adalah seorang aktivis mahasiswa dan menghabiskan waktu di penjara karena kegiatan politiknya.

Abdulfattah Jandali mengejar gelar PhD di University of Wisconsin, tempat ia bertemu Joanne Carole Schieble, seorang katolik keturunan Swiss dan Jerman. Meskipun keduanya seusia, Jandali adalah asisten pengajar untuk kursus yang diambil Schieble.

Mona Simpson, saudara kandung Jobs, mencatat bahwa kakek nenek dari pihak ibu Steve Jobs tidak senang bahwa putri mereka berpacaran dengan seorang muslim.

Dikabarkan bahwa ayah Schieble “mengancam akan memotong Joanne sepenuhnya” jika dia melanjutkan hubungan hal itu tertulis dalam buku biografi resmi steve jobs karya Walter Isaacson.

Ayah angkat Jobs, Paul Reinhold Jobs, adalah seorang mekanik, dan juga penjaga pantai. Setelah meninggalkan pekerjaannya sebagai penjaga pantai, Paul Jobs menikahi Clara Hagopian pada tahun 1946. Clara, putri imigran Armenia, dibesarkan di San Fransisco.

Paul Jobs adalah “pria repo” yang memperbaiki mobil. Upaya mereka untuk memulai sebuah keluarga dihentikan setelah Clara menalami kehamilan ektopik, membuat mereka mempertimbangkan adopsi tahun 1955.

Kelahiran Steve Jobs

Pada 1954 Schieble hamil sertelah dia dan Jandali menghabiskan musim panas bersama kelurga Jandali di Homs, Suriah. Jandali juga telah menyatakan bahwa dia “sangat mencintai Joanne… tetapi sayangnya, Ayah Joanne adalah seorang tiran, dan melarangnya untuk menikahi anaknya.

Alasannya hanya karena Jandali berasal dari Suriah. Jadi Ayah Joanne mengatakan kepada Jandali bahwa Ayah Joanne ingin menyerahkan bayinya untuk diadopsi.

Schieble akhirnya lari dari rumah menuju San Fransisco tanpa seorang pun yang tahu termasuk Jandali, dengan harapan pilihan terbaik untuk semuanya. 24 Februari 1955 Schieble melahirkan Jobs dan memilih pasangan adopsi yang beragama Katholik.

(giphy.com)

Namun hal itu tidak terwujud, pada akhirnya Jobs diasuh oleh pasangan sederhana yang bernama Paul dan Clara Jobs. Keduanya tidak memiliki pendidikan yang tinggi. Biografi Steve Jobs memang penuh dengan cerita yang emosional.

Masa Muda Steve Jobs

Biografi Steve Jobs
(cultofmac.com)

Paul dan Clara mengadopsi saudara perempuan Jobs, Patricia pada tahun 1957. Dan keluarga itu pindah ke Mountain View, California, pada tahun 1961.

Pada saat inilah Paul membangun meja kerja di garasinya untuk meneruskan kecintaannya pada mekanik. Sementara itu, Jobs mengagumi keahlian ayahnya “karena dia (ayahnya) tahu bagaimana membangun sesuatu”.

JIka kita membutuhkan sebuah kabinet, dia akan membuatkannya. Ketika dia membangun pagar, dia memberi saya palu agar saya dapat bekerja dengannya.

Saat berusia 10 tahun, Jobs sudah banyak terlibat dalam elektronik dan berteman dengan banyak insinyur yang tinggal di lingkungan itu. Tetapi ia kesulitan berteman dengan anak-anak seusianya, dan dilihat oleh teman-teman sekelasnya sebagai penyendiri.

Pendidikan Steve Jobs

Jobs adalah orang yang cerdas dan inovatif, namun masa mudanya diliputi rasa frustrasi atas sekolah formalnya. Saat ia masih duduk di sekolah dasar, Jobs adalah orang yang iseng ketika sedang merasa bosan.

Setelah SMA, Jobs mendaftar di Reed College di Portland, Oregon. Karena tidak punya tujuan, ia berhenti kuliah setelah enam bulan dan menghabiskan 18 bulan berikutnya mampir di kelas-kelas kreatif di sekolah.

Jobs kemudian menceritakan bagaimana suatu kursus kaligrafi mengembangkan kecintaannya pada tipografi. Pada 1974, Jobs mengambil posisi sebagai desainer video game bersama Atari.

Beberapa bulan kemudian ia meninggalkan perusahaan untuk menemukan pencerahan spiritual di India, bepergian lebih jauh dan bereksperimen dengan obat-obat psikedelik.

Steve Jobs dan Steve Wozniak

Jobs and Wozniak
Jobs (kiri), Wozniak (kanan) (inet.detik.com)

Dulu ketika Jobs didaftarkan di Homestad High School, ia diperkenalkan dengan mitra masa depannya dan salah satu pendiri Apple Computer bernama, Steve Wozniak. Wozniak berkuliah di University of California, Berkeley.

Dalam sebuah wawancara tahun 2007 dengan PC World, Wozniak berbicara tentang mengapa dia dan jobs berteman dengan sangat baik: “Kami berdua menyukai elektronik dan cara kami dulu menghubungkan chip digital” kata Wozniak.

“Sangat sedikit orang, terutama saat itu, yang tahu apa itu chip, bagaimana mereka bekerja dan apa yang bisa mereka lakukan. Saya telah merancang banyak komputer, jadi saya jauh lebih mengerti dalam hal elektronik dan desain komputer, tetapi kami masih memiliki minat yang sama. Kami berdua memiliki semacam sikap mandiri tentang berbagai hal dunia”.

Pendiri Apple

biografi steve jobs
(zeebiz.com)

Pada tahun 1976, ketika Jobs baru berusia 21 tahun, ia dan Wozniak memulai Apple Computer di garasi keluarga Jobs. Mereka mendanai usaha wirausaha mereka dengan Jobs menjual bus Volkswagen-nya dan Wozniak menjual kalkulator ilmiah tercintanya.

Jobs dan Wozniak merevolusi industri komputer bersama Apple dengan mendemokratisasikan teknologi dan membuat mesin lebih kecil, lebih murah, intuitif dan dapat diakses oleh konsumen sehari-hari.

Wozniak menyusun serangkaian komputer pribadi yang ramah pengguna, dan dengan jobs yang bertanggung jawab atas pemasaran. Awalnya mereka memasarkan komputer-komputer tersebut dengan harga $ 666,66. Apple I menghasilkan keuntungan perusahaan sekitar $ 774.000.

Tiga tahun setelah rilis model kedua Apple, pejualan perusahaan meningkat 700 persen menjadi $139 juta. Pada tahun 1980, Apple Computer menjadi perusahaan publik, dengan nilai pasar $1,2 miliar pada akhir hari pertama perdagangannya.

Jobs mencari ahli pemasaran John Sculley dari Pepsi-Cola untuk mengambil alih peran CEO untuk Apple. Namun, beberapa produk berikutnya dari Apple mengalami cacat desain yang signifikan, sehingga mengakibatkan kekecewaan terhadap konsumen.

IBM tiba-tiba melampaui Apple dalam penjualan, dan Apple harus bersaing dengan dunia bisnis yang didominasi IBM/PC. Pada tahun 1984, Apple merilis Macintosh, dan memasarkan komputer sebagai bagian dari gaya hidup.

Tetapi meskipun penjualan dan kinerja lebih baik dari PC IBM, Macintosh masih belum kompatibel dengan IBM.

Sculley yakin Jobs menyakiti Apple, dan eksekutif perusahaan mulai memojokkannya. Sebenarnya Jobs tidak memiliki jabatan resmi dengan perusahaan yang ia dirikan, sehingga membuat jobs didorong ke posisi yang lebih memojokkannya.

Dengan demikian Jobs meninggalkan Apple pada tahun 1985. Setelah mengalami berbagai kesulitan, lalu ia kembali lagi dengan ciptaannya NeXT pada tahun 1996.

Steve Jobs dan Pixar

Biografi Steve Jobs
(vignette.wikia.nocookie.net)

Biografi Steve Jobs, memang menarik untuk dibahas. Setelah meninggalkan Apple pada tahun 1985, Jobs memulai sebuah perusahaan perangkat keras dan perangkat lunak baru bernama NeXT.Inc. Setahun kemudian dia kehabisan uang, dan dia mencari modal ventura tanpa produk.

Akhirnya, Jobs menarik perhatian miliarder Ross Perot, yang berinvestasi besar-besaran di perusahaan. NeXT menunjukkan dunia sebagai kembalinya Steve Jobs sang revolusioner komputer.

Workstation NeXT pertama kali rilis pada tahun 1990 dan dibanderol dengan harga $ 9.999. NeXT worktation dikenal karena kekuatan teknisnya, terutama diantaranya sistem pengembangan perangkat lunak Object-oriented programming (OOP).

Jobs memasarkan produk-produk NeXT ke komunitas keuangan, ilmiah, dan akademik, menerangi teknologi baru yang inovatif dan eksperimental, seperti kernel Mach, chip prosesor sinyal digital, dan Ethernet bawaan.

Ilmuwan komputer inggris Tim Berners-Lee menemukan World Wide Web pada 1990 di CERN di swiss.

Pixar dan Disney

Disney
(uanmuvorda.blogspot.com)

Pada tahun 1986, Jobs mendanai pemintalan The Graphics Group (kemuddian dinamai Pixar) dari divisi grafis komputer Lucasfilm dengan harga $ 10 juta, $ 5 juta diantaranya diberikan kepada perusahaan sebagai modal dan $ 5 juta lainnya dibayarkan kepada Lucasfilm untuk hak teknologi.

Film pertama yang diproduksi oleh Pixar dengan kemitraan Disney-nya adalah Toy Story (1995), dengan jobs sebagai produser eksekutif.

Toy Story (giphy.com)

Selama 15 tahun dibawah pimpinan John Lasseter, perusahaan memproduksi box-office hits A Bug’s Life (1998), Toy Story 2 (1999), Monster Inc (2001), Finding Nemo (2003), The Incredibles (2004), Cars (2006), Ratatouille (2007), WALL-E (2008), Up (2009), dan Toy Story 3 (2010).

Finding Nemo, The Incredibles, Ratatouille, WALL-E, Up, dan Toy Story 3 masing-masing menerima Academy Award untuk fitur Animasi terbaik.

Ketika kontrak Pixar dengan Disney habis, Michael Eisner mencoba menegosiasikan kemitraan baru tetapi gagal, dan Jobs tidak akan pernah berurusan dengan Disney lagi.

Pada Oktober 2005, Bob Iger menggantikan Eisner di Disney, dan Iger dengan cepat memperbaiki hubungan dengan Jobs dan Pixar. Jobs dan Iger mengumumkan bahwa Disney telah setuju untuk membeli Pixar dalam transaksi semua saham senilai $ 7,4 miliar.

Ketika kesepakatan usai, Jobs menjadi pemegang saham tunggal terbesar The Walt Disney Company dengan sekitar tujuh persen saham perusahaan.

Akhir Hayat Steve Jobs

Steve Jobs meninggal di Palo Alto, California, di rumahnya sekitar pukul 3 sore pada 5 oktober 2011. Jobs dimakamkan di sebuah makam tak bertanda di Alta Mesa Memorial Park, satu-satunya pemakaman nonsektarian di Palo Alto.

Steve Jobs adalah sosok bapak revolusi komputer. Ia tidak hanya diakui berjasa bagi negaranya sendiri.

Semua sepakat bahwa Steve Jobs merupakan seorang “manusia super power” yang belum tentu dilahirkan kembali dalam waktu satu abad. Steve Jobs adalah Pelopor “Revolusi Teknologi Modern”.

Kata Bijak Steve Jobs

Biografi Steve Jobs
(facebook.com)
  • Hal-hal favorit saya dalam hidup tidak memerlukan biaya. Sangat jelas bahwa sumber daya paling berharga yang kita miliki adalah waktu.
  • Saya bangga dengan banyak hal yang belum kami lakukan seperti yang telah kami lakukan. Inovasi mengatakan tidak pada ribuan hal.
  • Milikilah keberanian untuk mengikuti kata hati dan intuisi Anda. Entah bagaimana mereka tahu Anda benar-benar ingin menjadi apa.
  • Saya pikir jika Anda melakukan sesuatu dan ternyata cukup bagus, maka Anda harus melakukan sesuatu yang luar biasa, jangan terlalu lama memikirkannya. Cari tahu apa selanjutnya.
  • Terkadang saat Anda berinovasi, Anda membuat kesalahan. Yang terbaik adalah mengakuinya dengan cepat, dan terus meningkatkan inovasi Anda yang lain.
  • Itu adalah salah satu mantra saya — fokus dan kesederhanaan. Sederhana bisa lebih sulit daripada rumit; Anda harus bekerja keras agar pemikiran Anda bersih agar sederhana.
  • Kualitas lebih penting daripada kuantitas. Satu home run jauh lebih baik daripada dua ganda.
  • Orang-orang yang cukup gila hingga berpikir mereka bisa mengubah dunia adalah mereka yang melakukannya.
  • Saya yakin bahwa sekitar setengah dari apa yang memisahkan pengusaha sukses dari yang tidak sukses adalah ketekunan murni.
  • Saya selalu tertarik pada perubahan yang lebih revolusioner. Saya tidak tahu kenapa. Karena mereka lebih sulit. Mereka jauh lebih stres secara emosional. Dan Anda biasanya melewati periode di mana semua orang memberi tahu Anda bahwa Anda benar-benar gagal.

Penghargaan

  • 1985:National Medal of Technology (bersama Steve Wozniak), diberikan oleh Presiden AS Ronald Reagan
  • 1987: Penghargaan Jefferson untuk Layanan Publik
  • 1989:Majalah Entrepreneur of the Decade by Inc.
  • 1991:Howard Vollum Award dari Reed College
  • 2007:Dinobatkan sebagai orang paling kuat dalam bisnis oleh majalah Fortune
  • 2007:Dilantik ke California Hall of Fame, yang terletak di Museum Sejarah, Wanita dan Seni California
  • 2012:Grammy Trustees Award, sebuah penghargaan untuk mereka yang telah mempengaruhi industri musik di bidang yang tidak terkait dengan kinerja
  • 2013:Anumerta dilantik sebagai Legenda Disney
  • 2017:Steve Jobs Theatre dibuka di Apple Park

Sekian dari pembahasan “Biografi Steve Jobs” semoga dapat menginspirasi anda, dan Terima kasih !!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.