biografi jeff bezos

Biografi Jeff Bezos: Sosok Orang Terkaya Dunia Sekaligus Pendiri Amazon

Biografi Jeff Bezos – Pengusaha Amerika bernama Jeff Bezos adalah pendiri dan CEO Amazon.com dan pemilik The Washington Post. Usaha bisnisnya yang sukses telah menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia

Siapakah Jeff Bezos?

(mysanantonio.com)

Jeff Bezos adalah pengusaha teknologi Amerika dan pendiri e-commerce Amazon.com. Bezos juga pemilik The Washington Post dan pendiri perusahaan eksplorasi ruang angkasa “Blue Origin”. Usaha bisnisnya yang sukses telah menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia.

Dilahirkan pada tahun 1964 di New Mexico, Bezos memiliki kecintaan awal pada komputer dan mempelajari ilmu komputer dan teknik listrik di Universitas Princeton. Setelah lulus, Jeff bekerja di Wall street, dan pada tahun 1990 ia menjadi wakil presiden senior termuda di perusahaan investasi DE Shaw.

Empat tahun kemudian, Bezos berhenti dari pekerjaannya untuk membuka Amazon.com. Amazon sawalnya merupakan toko online khusus untuk menjual buku. tahun 2013, Bezos membeli The Washington Post, dan pada tahun 2017 Amazon mengakuisisi Whole Foods.

Keluarga Jeff Bezos

Jeff Bezos lahir pada tanggal 12 Januari 1964 di Albuquerque, New Mexico. Ibunya yang saat itu masih remaja bernama Jacklyn Gise Jorgensen, dan ayah kandungnya, bernama Ted Jorgensen.

Keluarga Jorgensen menikah kurang dari setahun. Ketika Bezos berusia 4 tahun, ibunya menikah lagi dengan Miguel “Mike” Bezos pada bulan April 1968. Mike Bezos merupakan seorang imigran Kuba.

Tak lama setelah pernikahan, Mike mengadopsi Jorgensen yang berusia empat tahun. Kemudian nama keluarganya diubah menjadi Bezos. Mike bekerja sebagai untuk Exxon setelah ia menerima gelar dari Universitas Meksiko Baru. Hal itu membuat keluarga mereka pindah ke Houston, Texas.

Sebagai seorang anak, ia menghabiskan musim panasnya memasang pipa, memvaksinasi ternak dan memperbaiki kincir angin di peternakan Texas milik kakeknya. Kakek dari ibu Jeff Bezos merupakan Pensiunan dari Komisi Energi Atom yang menjabat sebagai direktur regional.

Sedangkan nenek dari ibunya bernama Mattie Louise Gise.

Pendidikan Jeff Bezos

Keluarga itu pindah lagi ke Miami, Florida, tempat Bezos Bersekolah di Miami Palmetto High School. Bezos pernah bekerja sebagai juru masak McDonald saat ia masih sekolah menengah.

Jeff Bezos lulus dengan “summa cum laude” (Nilai Sempurna) dari Universitas Princeton pada tahun 1986 di bidang ilmu komputer dan teknik listrik.

Bezos pindah ke Miami bersama keluarganya saat remaja, di mana dia mengembangkan kecintaannya pada komputer dan saat lulus dia adalah pembaca pidato dari perpisahan sekolah menengahnya. Di sekolah menengah itulah ia memulai bisnis pertamanya.

Baca Juga: Biografi Albert Einstein

Karir di Bidang Keuangan

biografi jeff bezos
(telset.id)

Setelah lulus dari Princeton, Bezos ditawari pekerjaan di Intel, Bell Labs, dan Andersen Consulting. Dia pertama kali bekerja di Fitel, sebuah fintech telekomunikasi start-up, di mana ia ditugaskan untuk membuat jaringan untuk perdagangan internasional.

Kemudian ia dipromosikan menjadi kepala pengembangan dan direktur layanan pelanggan. Selanjutnya Bezos beralih ke industri perbankan ketika ia menjadi manajer produk di Bankers Trust dari tahun 1988 sampai 1990.

Setelah itu ia bergabung ke perusahaan DE Shaw yang baru didirikan. Di usianya yang ke-30, Bezos menjadi wakil presiden  termuda DE Shaw. Karirnya di bidang keuangan sangatlah menguntungkan, namun Bezos lebih memilih untuk membuat langkah beresiko ke dunia e-commerce yang baru lahir.

Dia berhenti dari pekerjaannya pada tahun 1994, kemudian dia pindah ke Seattle dan menargetkan potensi pasar Internet yang belum dimanfaatkan dengan membuka toko buku online.

Pendiri dan CEO Amazon.com

Biografi Jeff Bezos
(intheblack.com)

Pada akhir tahun 1993, Bezos memutuskan untuk mulai membuka usaha toko buku online. Tanggal 5 juli 1994, Ia meninggalkan pekerjaannya di DE Shaw dan mendirikan Amazon di garasinya, setelah menulis rencana bisnisnya dalam perjalanan lintas negara dari New York ke Seattle.

Awalnya nama perusahaan diberi nama “Cadabra” tetapi akhirnya diganti menjadi Amazon. Alasannya karena nama dimulai dengan huruf A yang merupakan awal alfabet dan merupakan nama sungai Amazon di Amerika Selatan.

Dia menerima uang sebanyak $ 300.000 dari orang tuanya kemudian ia menginvestasikannya ke Amazon. Meskipun Amazon awalnya adalah toko buku online, Bezos selalu berencana untuk memperluas ke produk lain. Tiga tahun setelah Bezos mendirikan Amazon, ia membawanya go public dengan penawaran umum perdana (IPO).

Pada tahun 1998, Bezos melakukan penganekaragaman penjualan di bidang musik dan video online. Pada akhir tahun 1998, ia juga memperluas produk perusahaan untuk memasukkan berbagai barang konsumen.

Bezos menggunakan $ 54 juta yang diperoleh selama penawaran ekuitas perusahaan tahun 1997 untuk mendanai perolehan pada pesaing yang lebih kecil. Tahun 2000, Bezos  meminjam $ 2 miliar dari bank, karena saldo kas yang menurun menjadi $ 350 juta.

Pada tahun 2002, Bezos meresmikan peluncuran Amazon Web Services, yang berfungsi sebagai pengumpul data dari weather channels dan traffic web.

Di akhir tahun, pengeluaran yang boros dari Amazon perusahaan hampir bangkrut. Hal itu menyebabkan Bezos memutuskan untuk menutup pusat distribusi dan memberhentikan 14% dari tenaga kerja Amazon.

Tahun 2003, Amazon pulih dari permasalahan keuangan dan menghasilkan laba sebesar $ 400 juta.

Pada bulan November 2007, Bezos meluncurkan Amazon Kindle. Menurut profil Time 2008, Bezos ingin membuat sesuatu yang sama seperti yang ditemukan dalam simulasi video game dalam buku. Dia membuatnya dengan tujuan agar para pembaca sepenuhnya terlibat dengan buku.

Tahun 2013, Bezos mendapatkan kucuran dana yang sangat fantastis sebesar $ 600 juta dari Central Intelligence Agency (CIA) sebagai kontrak atas nama Amazon Web Services.

Oktober 2013, Amazon diakui sebagai pengecer belanja online terbesar di dunia.

Blue Origin

Biografi Jeff Bezos
(engadget.com)

Pada September 2000, Bezos mendirikan Blue Origin, sebuah perusahaan startup spaceflight manusia. Bezos sudah lama menyatakan minatnya dalam perjalanan ruang angkasa dan pengembangan kehidupan manusia di tata surya.

Pada september 2011, salah satu kendaraan prototipe tak berawak perusahaan jatuh selama penerbangan uji coba hop pendek. Tahun 2015, Bezos mengumumkan bahwa kendaraan peluncuran orbital baru sedang dikembangkan dan akan melakukan penerbangan pertamanya di akhir 2010-an.

Kemudian pada bulan November, kendaraan antariksa New Origard Blue Origami berhasil meluncur ke luar angkasa dan mencapai ketinggian uji yang direncanakan yaitu 329.839 kaki (100,5 kilometer) dan juga berhasil mendarat kembali ke Bumi dengan selamat. Bezos pun akhirnya mengizinkan jurnalis terpilih untuk mengunjungi, tur, dan memotret fasilitasnya.

Bulan Desember 2017, New Shepard berhasil menerbangkan dan mendaratkan penumpang tiruan. Akhir tahun 2018,  mengubah dan mendorong tanggal mulainya perjalanan ruang angkasa manusia. Untuk menjalankan program ini, Blue Origin membangun enam kendaraan untuk mendukung semua fase pengujian dan operasi:

Penerbangan uji tanpa penumpang, penerbangan dengan penumpang uji, dan operasi mingguan penumpang komersial. Sejak 2016, Bezos telah berbicara lebih bebas tentang harapannya untuk menjajah tata surya.

Bezos juga telah menjual $ 1 miliar saham Amazon setiap tahun untuk memanfaatkan Blue Origin dalam upaya mendukung perjalanan ruang angkasa.

Pada Mei 2018, Bezos menyatakan bahwa tujuan utama Blue Origin adalah untuk melestarikan sumber daya alam bmi dengan membuat spesies manusia multi-planet.

Bezos mengumumkan bahwa New Shepard akan mulai mengangkut manusia ke ruang sub-orbital pada November 2018. Pada juli 2018, diumumkan bahwa Bezos telah memberi harga tiket pesawat luar angkasa komersial dari $ 200.000 hingga $ 300.000 per orang.

Pemilik The Washington Post

biografi jeff bezos
(mediashift.org)

Pada 5 Agustus 2013, Bezos mengumumkan pembelian The Washington Post senilai $ 250 juta dalam bentuk tunai. Untuk melaksanakan penjualan, ia mendirikan Nash Holdings.

Penjualan ditutup pada 1 oktober 2013, dan Nash Holding mengambil kendali. Pada bulan Maret 2014, Bezos membuat perubahan signifikan pertamanya di The Washington Post dan mengangkat paywall online untuk pelanggan sejumlah surat kabar lokal AS di Texas, Hawaii, dan Minnesota.

Sepanjang tahun awal kepemilikan , Bezos dituduh memiliki konflik kepentingan dengan surat kabar tersebut. Hingga membuat makalah ini dapat menguntungkan pada tahun 2016 untuk pertama kalinya.

Bezos Expedition

(reuters.com)

 

Bezos melakukan investasi pribadi melalui kendaran modal ventura, Bezos Expeditions. Ia adalah salah satu pemegang saham pertama di Google, ketika ia menginvestasikan $ 250.000 pada 1998.

Investasi ini menghasilkan 3,3 juta saham Google (bernilai $ 3,1 juta miliar pada 2017). Bezos juga berinvestasi di Unity Biotechnology, sebuah perusahaan riset perpanjangan hidup berharap untuk memperlambat atau menghentikan proses penuaan.

Bezos terlibat dalam sektor kesehatan, yang meliputi investasi dalam Unity Biotechnology, Grail, Juno Therapeutics, dan ZocDoc. Pada Januari 2018, sebuah pengumuman dibuat tentang peran Bezos dalam sebuah perusahaan kesehatan baru yang tidak disebutkan namanya.

Usaha ini, yang kemudian dinamai Haven, diharapkan menjadi kemitraan antara Amazon, JPMorgan, dan Berkshire Hathaway.

Kata Bijak Jeff Bezos

jeff bezos
(adweek.com)
  • Jika anda menggandakan jumlah percobaan yang anda lakukan per tahun, anda akan menggandakan kreativitas anda.
  • Hidup ini terlalu singkat untuk bergaul dengan orang-orang yang tidak punya akal.
  • Sebuah merek untuk sebuah perusahaan seperti reputasi seseorang. Anda mendapat reputasi dengan berusaha melakukan hal-hal sulit dengan baik.
  • Salah satu-satunya cara untuk keluar dari kotak ketat adalah dengan menemukan jalan keluar.
  • Kami ingin menjadi sesuatu yang sama sekali baru. Tidak ada analog fisik untuk menjadi apa Amazon.com.
  • Hal hebat tentang keputusan berdasarkan fakta adalah bahwa mereka mengesampingkan hierarki.
  • Jika Anda tidak memahami detail bisnis Anda, Anda akan gagal.
  • Perusahaan seharusnya tidak kecanduan menjadi mengkilap, karena mengkilap tidak bertahan lama
  • Aku lebih suka mewawancarai 50 orang dan tidak mempekerjakan siapa pun daripada mempekerjakan orang yang salah.
  • Aku tahu bahwa jika aku gagal aku tidak akan menyesal, tetapi aku tahu satu hal yang mungkin aku sesali adalah tidak berusaha.

Pengakuan Yang Diterima Jeff Bezos

(paper.id)
  • Pada tahun 1999, Bezos menerima penghargaan besar pertamanya ketika Time menamainya Person of the Year.
  • Pada 2008, Bezos dipilih oleh US News & World Report sebagai salah satu pemimpin terbaik Amerika.
  • Bezos dianugerahi gelar doktor kehormatan dalam sains dan teknologi dari Universitas Carnegie Mellon pada tahun 2008.
  • Pada 2011, The Economist memberi Bezos dan Gregg Zehr penghargaan inovasi untuk Amazon Kindle.
  • Pada 2012, Bezos dinobatkan sebagai “Pebisnis Tahun Ini” oleh Fortune.
  • Bezos merupakan anggota dari Grup Bilderberg dan menghadiri konferensi Bilderberg 2011 di St. Moritz, Swiss, dan konferen si 2013 di Wattford, Hertfordshire, Inggris. Dia adalah anggota Komite Eksekutif Dewan Bisnis untuk 2011 dan 2012.
  • Pada 2014, ia mendapat peringkat sebagai CEO dengan kinerja terbaik di dunia oleh Harvard Business Review.
  • Pada bulan September 2016, Bezos menerima hadiah $ 250.000 untuk memenangkan “Heinlein Prize for Advances in Space Commercialization”, yang ia sumbangkan kepada Students for the Exploration ad Development of Space (SEDS)
  • Pada bulan Februari 2018, Bezos terpilih The National Academy of Engineering (NAE) atas “kepemipinan dan inovasi dalam eksplorasi ruang angkasa, sistem otonom, dan membangun jalur komersial untuk penerbangan luar angkasa manusia.
  • Pada bulan Maret 2018, di makan malam tahunan The Explorers Club, ia dianugerahi penghargaan Buzz Aldrin Space Exploration sebagai pengakuan atas karyanya dengan Blue Origin.
  • Bezos Menerima Penghargaan 2018 Axel Springer Jerman untuk Inovasi Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial. Majalah Time menamainya salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia dalam daftar 2018.

Demikian pembahasan tentang Biografi Jeff Bezos, semoga kita dapat menjadi sosok yang luar biasa seperti Bezos. Terima kasih!!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.