21+ Contoh Simbiosis Mutualisme Beserta Penjelasan dan Gambar

Contoh simbiosis mutualisme – ada 3 macam simbiosis secara umum diantaranya ialah hubungan yang saling menguntungkan, hubungan yang menguntungkan antara salah satu pihak tetapi pihak yang lain tidak dirugikan, dan hubungan yang menguntungkan salah satu pihak tetapi pihak lainnya dirugikan.

Pengertian Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah suatu interaksi yang erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis namun saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Disamping itu pastinya ada banyak makhluk hidup yang melakukan simbiosis yang saling menguntungkan ini. Berikut akan kita berikan contoh contoh simbiosis mutualisme yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber.

Contoh-Contoh Simbiosis Mutualisme

1. Hubungan Antara Kupu-Kupu Dengan Bunga

pixabay.com

Contoh simbiosis mutualisme yang pertama adalah interaksi antara kupu-kupu dengan bunga. hubungan yang terjadi diantara keduanya adalah saat bunga menghasilkan nektar sehingga membuat kupu-kupu hinggap pada bunga untuk mengambil nektar.

Sedangkan bunga terbantu oleh kupu-kupu yang hinggap karena kakinya akan menyentuh putik dan benang sari pada bunga. Sehingga serbuk sari menempel pada putik dan terjadi proses penyerbukan bunga.

2. Hubungan Antara Lebah dengan Bunga

Contoh simbiosis mutualisme
pixabay.com

Selain kupu kupu terdapat beberapa contoh lain seperti manusia yang secara tidak sengaja membantu penyerbukan bunga, namun hal itu merupakan Simbiosis Komensalisme.

lalu ada serangga yang membantu bunga penyerbukan, salah satunya adalah lebah. Lebah yang mencari makanan pada bunga secara tidak sengaja anggota tubuhnya menyentuh benang sari lalu menyentuh putik yang bisa membantu proses penyerbukan bunga.

Sama seperti kupu-kupu, lebah hinggap pada bunga karena madu atau nektar yang dihasilkan pada bunga merupakan makanannya.

Baca Juga: Contoh Simbiosis Komensalisme

3. Hubungan Antara Zebra dengan Burung Oxpecker

Contoh Simbiosis Mutualisme
fromthegrapevine.com

Hubungan yang terjadi antara keduanya adalah Oxpeckers mendarat pada badan zebra kemudian memakan kutu dan parasit lain yang hinggap pada kulit zebra.

Kemudian zebra mendapatkan keuntungan berupa berkurangnya kutu dan parasit atau bahkan sampai habis tidak bersisa.

4. Hubungan Antara Badak dengan Burung Oxpecker

21+ Contoh Simbiosis Mutualisme Terlengkap Beserta Penjelasannya
pinterest.com

Hubungan yang terjadi antara keduanya sama seperti pada zebra dengan burung oxpecker, burung ini mendarat pada badan badak kemudian memakan kutu dan parasit yang terdapat pada kulit zebra.

Kemudian zebra mendapatkan keuntungan berupa berkurangnya kutu dan parasit atau bahkan sampai habis tidak bersisa.

Selain dari hubungan-hubungan ini, burung oxpecker juga memakan kuutu dan parasit pada tubuh hewan, seperti

  • rusa
  • kuda nil
  • Jerapah
  • Banteng
  • dan sebagainya

5. Hubungan Antara Semut Rangrang dengan Tumbuhan

contoh simbiosis mutualisme
pixabay.com

Semut rangrang (Oechophylla) adalah serangga yang sering kita temui pada tumbuhan yang berbuah, seperti

  • Kakao
  • Mangga
  • Nangka
  • Pepaya
  • Dan sebagainya

Mungkin keberadaan semut-semut ini akan mengganggu kita saat akan memetik atau mengambil buah tersebut.

Tapi kalian harus tahu keberadaan mereka sangat menguntungkan bagi tumbuhan berbuah. Sebab semut akan melindungi tumbuhan dari serangan hama yang merusak tumbuhan berbuah ini.

Kemudian keuntungan yang didapat oleh semut rangrang yakni para semut ini membuat sarang pada tumbuhan-tumbuhan berbuah tersebut.

Dengan kata lain hama-hama yang bermunculan akan dianggap penghancur rumah semut rangrang.

6. Hubungan Antara Manusia dengan Bakteri Escherechia Coli

Contoh Simbiosis Mutualisme
thecanadianencyclopedia.ca

Bakteri E. Coli adalah bakteri yang biasanya terdapat pada usus besar manusia. Bakteri ini berfungsi sebagai pembunuh bakteri jahat, dengan cara mengurangi pertumbuhan bakteri jahat yang masuk, kemudian mempercepat proses pembusukan di dalam usus besar.

Selain itu bakteri E. Coli memiliki kegunaan lain, bakteri ini membantu proses pembuatan Vitamin K. banyak sekali manfaat dari Vitamin K, diantaranya

  1. Mencegah Diabetes
  2. Membantu proses pembekuan darah
  3. Mencegah Osteoporosis
  4. Mencegah penyakit Hemarogik
  5. Mencegah Pendarahan pada Hati
  6. Vitamin pertumbuhan pada tulang
  7. Mencegah penyakit kanker

Sedangkan bakteri ini mendapatkan keuntungan dari manusia karena bisa mendapatkan uang jajan makanan dari sisa sisa makanan pada usus besar

Baca Juga: Contoh Simbiosis Parasitisme

7. Hubungan Antara Burung Pelatuk dengan Semut

hubungan antara burung pelatuk dan semut
blog.nature.org

Hubungan yang dapat terjadi antara burung pelatuk dan semut adalah saat burung pelatuk membuat sarang lalu bertelur pada pohon yang ditinggali semut.

Burung pelatuk akan mendapatkan keuntungan karena semut akan melindungi telurnya. Sedangkan semut mendapat manfaat karena mendapatkan perlindungan dari para predator semut.

8. Hubungan Antara Kerbau dengan Burung Jalak

Hubungan antara kerbau dan burung jala
pinterest.com

Hubungan yang satu ini merupakan hubungan yang sudah sering kita baca saat kita mempelajari simbiosis ini.Burung jalak biasanya hinggap pada tubuh kerbau untuk memakan kutu yang hinggap di badan kerbau.

Sedangkan kerbau mendapatkan keuntungan dari burung ini, karena berkurangnya kutu atau bahkan sampai habis kutu tersebut dari badan kerbau.

9. Hubungan Antara Tanaman Kacang-kacangan dengan Bakteri Rhizobium leguminosarum

Hubungan Antara Tanaman Kacang-kacangan dengan Bakteri Rhizobium leguminosarum
sci-news.com

Bakteri Rhizobium leguminosarum sangat bermanfaat bagi dunia pertanian khususnya dalam dunia pertanian. Bakteri ini mampu mengikat Nitrogen yang bebas dari udara lalu menambahkan unsur tersebut ke dalam tanah.

Sehingga tanaman menjadi subur dan produktif. Bisa kita ketahui bahwa,

unsur hara Nitrogen merupakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman sebagai tumbuh dan berkembangnya tumbuhan tersebut.

Selain itu bakteri ini juga dapat menjaga pH tanah agar tetap stabil , suhu pada tanah terjaga dengan baik, dan mencegah erosi tanah.

Jadi banyak sekali keuntungan yang diperoleh tanaman kacang-kacangan. Sedangkan bakteri Rhizobium mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan makanan dari tanaman kacang-kacangan.

Baca Juga: Contoh Simbiosis Amensalisme

10. Hubungan Antara Ikan Badut Dengan Anemon Laut

ikan badut dan anemon laut
pixabay.com

Terdapat hubungan saling menguntungkan antara ikan badut dan anemon laut. Anemon laut akan memberikan perlindungan dari serangan predator seperti ikan kupu-kupu.

Sedangkan ikan badut mendapatkan makanan berupa parasit yang membahayakan bagi kelangsungan hidup anemon laut. Parasit ini melekat pada tentakel anemon laut sehingga membersihkan anemon dari kotoran.

11. Hubungan Antara Semut dengan Kutu Daun

semut dan kutu daun
pixabay.com

Beberapa spesies semut dijuluki sebagai “petani kutu daun”. Semut pekerja akan menggunakan antena yang berada di kepala mereka untuk membuat peternakan kutu daun untuk menghasilkan embun madu.

Pada saat proses pemerahan akan dihasilkan cairan kaya zat gula yang sangat berguna untuk sebah koloni semut.

Sedangkan kutu daun akan mendapatkan keuntungan dari para semut karena semut akan mengatur proses pembibitan kutu daun muda dan membawa kutu daun dewasa pada rumput yang segar.

Semut juga akan melindungi para petani kutu daun dewasa

12. Hubungan Antara Kantong Semar dengan Kelelawar Hardwicke

21+ Contoh Simbiosis Mutualisme Terlengkap Beserta Penjelasannya
cornerofthecabinet.com

Kelelawar Hardwicke (berbulu wol) mendapatkan keuntungan dari kantong semar berupa perlindungan dari teriknya sinar matahari ketika tidur di pagi hari.

Tidak hanya itu, saat kelelawar ini mengeluarkan air kencing atau feses dibersihkan oleh kantung semar, jadi kantung semar sudah seperti toiletnya kalelawar hardwicke.

Sedangkan kantong semar akan mendapatkan keuntungan berupa makanan dari kotoran kelelawar yang tinggal di dalamnya.

13. Hubungan Antara Zebra dengan Wildebeest

21+ Contoh Simbiosis Mutualisme Terlengkap Beserta Penjelasannya
dissolve.com

Di savana Afrika, banyak kawanan hewan yang tinggal termasuk zebra dan wilebeesr. Kedua spesies dikenal akrab satu sama lain. Kedua spesies dikenal sangat akrab satu sama lain. Kedua jenis hewan ini bermigrasi bersama-sama. Saat seang makan, keduanya sering melakukan pembagian. Zebra memakan rumput yang panjang, sedangkan wildebeest memakan rumput yang pendek.

Dalam hal bahaya adanya pemangsa, keduanya juga saling menguntungkan satu sama lain. Wildebeest memiliki insting lebih peka daripada zebra, sedangkan zebra penglihatan lebih tajam daripada wildebeest. Jika ada pemangsa keduanya saling memperingatkan.

14. Hubungan Antara Buaya dengan Burung Plover

Contoh Simbiosis Mutualisme
ebiologi.net

Simbiosis mutualisme yang terjadi pada kedua hewan ini adalah burung Plover memakan sisa sisa makanan yang menempel pada mulut buaya.

Tidak hanya sisa-sisa makanan, burung ini juga mendapatkan makanan berupa parasit atau serangga pengganggu yang berada pada tubuh buaya.

Sedangkan buaya mendapatkan keuntungan berupa tubuh dan mulut yang bersih.

15. Hubungan Antara Petani dengan Burung Hantu

Contoh simbiosis mutualisme
pixabay.com

Burung hantu membantu petani membasmi hama tikus yang menyerang ladangnya. Sedangkan burung hantu bisa mendapatkan makanan dari hal tersebut

16. Hubungan Antara Rayap dengan Flagellata

Contoh simbiosis mutualisme
pixabay.com

Flagellata mengeluarkan enzim selulase yang memudahkan rayap untuk mencerna kayu, meskipun flagellata mendapat makanan dari rayap.

Jenis flagellata yang dimaksud adalah flagellata Trichonympha dan Myxotricha yang hidup di dalam usus rayap dan dapat membantu rayap untuk mencerna kayu.

17. Hubungan Antara Manusia dan Tumbuhan

Contoh simbiosis mutualisme
pixabay.com

hubungan antara keduanya setiap hari kita nikmati tanpa kita sadari. Manusia mendapatkan keuntungan dari tumbuhan dengan mendapatkan oksigen untuk bernapas. Oksigen ini dikeluarkan oleh tumbuhan saat tanaman-tanaman akan berfotosintesis.

Sedangkan Tumbuhan mendapatkan manfaat dari manusia berupa karbondioksida yang dikeluarkan oleh manusia saat menghembuskan napas. karbondioksida yang dikeluarkan dapat membantu proses fotosintesis.

18. Hubungan antara Manusia dan Burung Walet

gambar anak walet dan induknya
fineartamerica.com

Biasanya pada gedung- gedung kosong dengan suhu 24 hingga 26 derajat, manusia memancing walet dengan rekaman suara walet. Kemudian para walet akan memasuki gedung dan membuat sarang di dalamnya.

Manusia mendapatkan banyak manfaat dari sarang walet tersebut. Sedangkan walet mendapatkan keuntungan yaitu saat burung walet memiliki anak, anak-anaknya akan dirawat oleh manusia.

19. Hubungan Antara Serigala dengan Hyena

hubungan antara serigala dan hyena
fromthegrapevine.com

Serigala dan Hyena merupakan hewan predator. Hubungan yang terjadi antara kedua makhluk ini adalah Hyena berburu bersama dengan kelompok serigala dan ternyata itu menguntungkan bagi kedua hewan tersebut.

Kemampuan berburu serigala lebih unggul dibandingkan oleh hyena, maka hyena bisa mendapatkan hewan buruan dengan mudah dengan keberadaan serigala. Sedangkan hyena memiliki rahang yang lebih kuat daripada serigala, sehingga sangat terbantu dalam menghancurkan tulang dan mempermudah serigala makan.

Baca Juga: Contoh Simbiosis Netralisme

20. Hubungan Antara Kepiting Dengan Landak Laut

hubungan antara kepiting dan landak laut
nationalgeographic.com

Landak laut atau yang biasa disebut dengan bulu babi ternyata punya hubungan persahabatannya dengan kepiting. Kepiting suka menggendong landak laut di punggungnya dan membawanya berjalan ke dasar laut.

Kepiting memanfaatkan duri-duri tajam landak laut sebagai perlindungan. Sedikit hewan yang berani macam-macam dengan landak laut ini, sehingga kepiting aman dari ancaman predatornya.

Sedangkan keuntungan yang didapat oleh landak laut adalah mendapatkan tumpangan gratis dari kepiting.

21. Hubungan Antara Koyote dengan Badger

hubungan antara koyote dan badger
mnn.com

Kedua hewan ini merupakan hewan yang tergolong predator, namun bisa saling menguntungkan. Koyote adalah hewan yang mirip seperti serigala. Biasanya hewan ini berburu hewan kecil seperti kelinci, dan tupai tanah. Badger juga predator tapi berburu di dalam tanah.

Bagaimanakah cara mereka kerja sama? Contoh simbiosis mutualisme pada kedua hewan ini sangatlah unik

Koyote akan menunggu di dekat lubang galian badger. Saat tupai tanah akan keluar dari lubang untuk menghindar dari kejaran badger, dan koyote akan langsung menyergap dan memangsanya. Sedangkan badger mendapatkan keuntungan saat koyote membagikan hasil tangkapannya.

22. Hubungan Antara Tarantula Hitam Kolombia dengan Katak Humming Bertotol

hubungan antara tarantula dengan katak
petworlds.net

Kerjasama antara tarantula dan katak mungkin terdengar aneh, namun itu benar-benar terjadi di Hutan Amazon, Amerika Selatan. Keduanya memiliki hubungan dengan cara katak humming bertotol tinggal di sarang tarantula. Hal itu dilakukan agar katak bisa memakan pengganggu yang suka memakan telur tarantula, yaitu semut. Selain itu katak juga dapat perlindungan dari tarantula dari predator katak, karena tidak banyak hewan yang berani berhadapan dengan tarantula. Sedangkan tarantula mendapatkan keuntungan berupa perlindungan telur-telurnya dari semut.

23. Hubungan Antara Ikan Gobi dengan Udang Pistol

hubungan antara ikan gobi dan udang pistol
aquainfo.nl

adalah ikan gobi dan udang pistol. Kedua hewan ini sama-sama hidup di dasar laut. Hubungan yang terjadi antara kedua hewan ini adalah saat udang pistol menggali lubang untuk tempat tinggal, dan gobi akan tinggal bersamanya di lubang tersebut.

Ikan gobi akan mendapatkan keuntungan berupa perlindungan, sedangkan udang pistol yang memiliki penghlihatan yang buruk akan diberi peringatan kepada udang pistol ketika bahaya datang.

Selain itu udang pistol akan dituntun oleh ikan gobi saat udang akan keluar atau masuk sarang, bahkan terkadang ikan gobi mengumpulkan makanan untuk udang pistol.

24. Hubungan Antara Kepiting Laba-Laba dengan Alga Hijau

Contoh Simbiosis Mutualisme
belajarpedia.co.id

Dan contoh simbiosis mutualisme yang terakhir Kepiting laba-laba merupakan spesies kepiting yang berada pada negara Jepang di dalam lautan, lebih tepatnya berada pada wilayah   tumbuhan laut yang hijau, dengan ciri-ciri kaki-kakinya yang panjang.

Biasanya tanaman alga akan tinggal di punggung kepiting laba-laba. Keuntungan yang akan didapatkan oleh kepiting laba-laba dengan adanya alga pada punggungnya, memudahkan hewan ini untuk berkamuflase dengan lingkungan sekitar.

Sedangkan tanaman alga mendapatkan keuntungan yaitu tempat tinggal.

Sekian dari pembahasan mengenai Contoh Simbiosis Mutualisme, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih!!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.