Biografi Penemu Facebook - Mark Zuckerberg

Biografi Penemu facebook – Mark Zuckerberg

Biografi Penemu facebook – Marck Zuckerberg merupakan seorang pendiri facebook berkebangsaan Amerika Serikat. Dalam artikel ini kamu akan mengetahui perjalanan hidupnya dalam mendirikan facebook.

Biodata Mark Zuckerberg

Nama Lengkap: Mark Elliot Zuckerberg

Lahir: 14 Mei 1984 White Plains, New York, AS

Pendidikan: Harvard University

Dikenal Sebagai: Pendiri facebook

Pasangan: Priscilla Chan

Anak-Anak: Maxima Chan Zuckerberg, August Chan Zuckerberg

Orang Tua: Edward Zuckerberg (Ayah), Karen Kempner (Ibu)

Keluarga: Randi Zuckerberg (saudara perempuan), Donna Zuckerberg (Saudara Perempuan)

Baca Juga: Biodata Jack Ma

Biografi Singkat Mark Zuckerberg

biografi mark zuckerberg
talentinternational.com.au

Mark Zuckerberg merupakan salah satu pendiri dari situs jejaring sosial facebook. Ia membuat facebook  di luar kamar asramanya di Universitas Harvard. Di tahun keduanya berkuliah di Harvard, Mark Zuckerberg memutuskan untuk meninggalkan perguruan tinggi.

Tujuannya adalah untuk berkonsentrasi pada situs tersebut, karena saat itu facebook telah berkembang pesat menjadi lebih dari dua miliar pengguna. Hal itu membuat Zuckerberg dikategorikan sebagai seorang miliarder.

Saat ia masih di bangku sekolah menengah, bersama D’Angelo, mereka menciptakan plug-in untuk digunakan pada MP3 player Winamp. Kelahiran facebook digambarkan dalam film 2010 The Social Network .

Keluarga dan Masa Muda Mark Zuckerberg

msn.com

Mark Zuckerberg dibesarkan dengan keluarga yang nyaman dan berpendidikan. Dia adalah anak kedua dari empat bersaudara, yang dibesarkan di desa Dobbs Ferry. Merupakan sebuah desa kecil di Wetchester County, sekitar 21 mil di Utara Midtown Manhattan.

Mark Zuckerberg dibesarkan dalam keluarga Yahudi Reformasi, dan leluhurnya berasal dari Jerman, Austria dan Polandia.

Ayah Mark Zuckerberg, Edward Zuckerberg, menjalankan praktik kedokteran gigi yang bersebelahan pada rumahnya. Ibunya, Karen Kempner, bekerja sebagai psikiater.

Pekerjaan tersebut ditekuni ibunya sebelum kelahiran empat anak pasangan itu – Mark, Randi, Donna dan Arielle.

Pendidikan Mark Zuckerberg

mark zuckerberg
jawapos.com

Ayahnya membelikan komputer sejak ia berusia 8 tahun. saat di sekolah menengah Phillips Exeter Academy, ia dan temannya, D’Angelo, membuat plug-in untuk MP3 player Winamp.

Plug-in adalah program komputer yang berhubungan dengan aplikasi host seperti web browser atau email untuk keperluan tertentu.

Zuckerberg dan D’Angelo membuat plug-in untuk menghimpun lagu kesukaan pengguna kemudian membuat playlist sesuai selera musik penggunanya.

Kemudian mereka mengirimkan plug-in ciptaan mereka ke bermacam perusahaan tak terkecuali AOL (9American Online) dan Microsoft. Pada tahun terakhirnya di sekolah menengah Zuckerberg direkrut oleh Microsoft dan AOL untuk suatu proyek.

Zuckerberg mengembangkan minatnya pada komputer sejak usia dini; Ketika berusia sekitar 12 tahun, dia menggunakan Atari BASIC untuk membuat program perpesanan yang dia beri nama “Zucknet”.

Ayahnya menggunakan program itu di kantor praktik giginya, sehingga resepsionis dapat memberitahukannya jika ada pasien baru tanpa harus berteriak di seberang ruangan.

Bahkan Keluarganya juga menggunakan Zucknet untuk berkomunikasi di dalam rumah.

Untuk mengimbangi minat Zuckerberg yang berkembang di bidang komputer, orang tuanya menyewa guru komputer pribadi David Newman untuk datang ke rumah seminggu sekali.

Kuliah di Harvard University

Saat melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi, keduanya harus berpisah. D’Angelo masuk Caltech sedangkan Zuckerberg masuk Harvard.

Walaupun pada akhirnya dia di DO (Drop Out) dari kampusnya karena ingin konsentrasi mengembangkan facebook.

Mendirikan facebook

Biografi Penemu Facebook - Mark Zuckerberg
(shidai.vn)

Di Harvard inilah Zuckerberg mendapatkan inspirasi untuk membuat buku rektori mahasiswa online. sebab pihak kampus tak membagikan face book pada mahasiswa baru sebagai awal dari pertemanan.

Tetapi setiap kali zuckerberg menyodorkan bantuan untuk membuat direktori tersebut, pihak Harvard menolaknya, dengan alih-alih untuk tidak mengumpulkan informasi (mahasiswa) ini.

Walaupun ditolak Zuckerberg selalu mencari cara untuk menciptakannya. “Saya mau menunjukkan kalau hal itu dapat dikerjakan,” lanjutnya soal kengototannya membuat direktori itu.

Proyek pertamanya ialah CourseMatch (www.coursematch.com) yang memungkinkan teman-teman sekelasnya berkomunikasi satu sama lain di web tersebut.

Dari Keisengan Hingga Menjadi facebook

Suatu malam di tahun kedua ia kuliah di Harvard, Zuckerberg menyalin data mahasiswa Harvard dan memasukkannya ke dalam website yang ia buat bernama Facemash.

Sejumlah foto rekan mahasiswanya terpublish di situ. Tak lupa ia membubuhkan kalimat yang mengajak para pengunjungnya untuk memilih foto-foto tersebut yang paling hot.

Pancingannya sangat jitu, Dalam tempo empat jam tercatat 450 orang melihat website Facemash dan sebanyak 22.000 foto mereka lihat.

Pihak Harvard akhirnya menyadarinya dan sambungan internet pun diputus. Kemudian Zuckerberg diberikan hukuman karena dianggap mencuri data.

Zuckerberg pun akhinya meminta maaf kepada rekan-rekan yang fotonya masuk Facemash. tetapi ia tidak menyesali perbuatannya, dan berkata, “Saya kira informasi seperti itu harus tersedia (online)”.

Kejadian tersebut tidak membuatnya jera, ia malah semakin bersemangat membuat website baru dengan nama facebook (www.thefacebook.com). Website ini ia terbitkan pada bulan Februari 2004. facebook merupakan penyempurnaan dari website lamanya, yaitu Facemash.

facebook menawarkan navigasi yang mudah bagi para penggunanya. setiap pemilik akun memiliki space untuk memasang atau memamerkan

  • foto diri sendiri
  • foto temen-temannya,
  • logo network,
  • melakukan hal lainnya seperti bisa berkirim pesan
  • dan lain sebagainya.

Sasaran facebook tetap sama, yaitu sebagai tempat pertemuan sesama mahasiswa Harvard. Dalam websitenya, ia menjelaskan bahwa facebook adalah salah satu alat sosial untuk membantu orang berkomunikasi lebih efisien dengan temannya, keluarga, atau rekan kerjanya.

Banyaknya aplikasi yang bisa digunakan oleh penggunanya, membuat facebook dibanjiri banyak orang. Konon hingga saat ini sudah lebih dari 20.000 aplikasi yang dimasukkan ke dalam facebook.

Setidaknya 140 aplikasi baru ditambahkan di facebook setiap harinya dan 95% pengguna akun facebook telah menggunakan minimal satu aplikasi.

Pembuatan banyak aplikasi ini, menjadikan facebook berbeda dari website sosial media terdahulu seperti MySpace. Lalu orang berbondong-bondong melihat websitenya dan mendaftar jadi anggota facebook.

Hanya dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh mahasiswa Harvard telah mempunyai akun facebook. Ternyata tak hanya mahasiswa Harvard yang tertarik, beberapa kampus di sekitar Harvard pun meminta dimasukkan menjadi pengguna jejaring sosial facebook.

Baca Juga: Kisah Jack Ma dalam Membangun Alibaba.com

Karir Marck Zuckerberg

biografi penemu facebook
what-is-new.info

facebook Berkembang dengan Cepat

Perlahan-lahan Mark Zuckerberg merasa kewalahan. Kemudian ia meminta bantuan kepada dua teman hebatnya agar membantunya dalam mengembangkan facebook. Dalam waktu empat bulan, facebook sudah bisa menampung 30 kampus.

Akhir tahun 2004 jumlah pengguna facebook meningkat sangat pesat berjumlah satu juta. Akibat ledakan pengguna tersebut, membuat para alumni Harvard ingin bergabung.

Tingginya desakan ini membuat mereka memutuskan untuk membuka jaringan khusus untuk semua siswa sekolah menengah pada bulan September 2005.

Tak lama kemudian mereka juga membuka facebook untuk kalangan pekerja kantoran. Kesibukan yang luar biasa ini membuat Zuckerberg harus memutuskan keluar dari Harvard.

Setelah itu mereka mengembangkan facebook lebih besar lagi. Bulan September 2006, facebook membuka pendaftaran untuk semua kalangan (umum) dengan syarat mempunyai email.

Jejaring yang dihimpunnya mencapai enam juta jaringan (kelompok pertemanan) berjumlah 55.000 jaringan berdasarkan demografi, pekerjaan, sekolah, kolegial, dan sebagainya.

Setiap harinya ada ratusan juta foto di upload (dimasukkan ke facebook). Dan dalam hal jumlah trafik pengakses, Facebook menjadi website teraktif ke-6 di dunia dan menjadi website jejaring sosial terbesar kedua yang dilansir oleh CamScore.

Menjual Saham facebook

Jumlah anggota facebook yang jutaan orang itu menjadi sumber uang yang begitu menggoda. Zuckerberg dan kawan-kawan pun berhasil menangkap peluang bisnis yang besar. Mereka berhasil menarik para investor kelas kakap.

Hal itu terjadi saat jumlah penggunanya melewati angka satu juta mereka bekerja sama (dalam hal Investasi) dengan Accel Parts, sebuah perusahaan modal ventura, untuk membiayai pengembangan facebook.

Modal yang ditanamkan adalah 12,7 juta US dolar. Ini merupakan Investasi kedua yang masuk ke facebook. Yang sebelumnya (Juni 2004) mendapatkan dana dari pendiri PayPal sebesar 500.000 US dolar.

Pembenahan pertama dengan tambahan modal itu adalah dengan mengganti domain-nya dari thefacebook.com menjadi facebook.com pada bulan Agustus 2005.

Setelah itu jangkauan pengguna diperluas menjadi lingkup internasional. Bulan Desember 2005 jumlah pengguna facebook sudah mencapai 5,5 juta.

Dana Melimpah Dari Investor

Meski Jumlah penggunanya terus meningkat tajam, tahun 2005 disebutkan facebook mengalami kerugian hingga 3,63 juta US dolar.

Setelah itu facebook mendapatkan kucuran dana sebesar 25 juta US dolar dari Greylock Partners dan Meritech Capital Partners. Dana itu digunakan untuk meluncurkan versi mobile-nya.

Pada bulan September 2007, Microsoft mulai mendekati facebook dan menawarinya membeli 5% seham senilai sekitar 300 juta US dolar hingga 500 juta US dolar.

Jika mereka menyetujuinya, maka nilai kapitalisasi facebook naik lebih tinggi lagi, yaitu sekitar 15 miliar US dolar atau sekitar 135 triliun rupiah jika kita rupiahkan.

Setelah itu facebook dibanjiri oleh penawaran-penawaran menggiurkan. Salah satunya ialah Li Ka-Shing disebut-sebut ikut juga menginvestasi sekitar 60 juta US dolar pada bulan November 2007.

Lalu ada berita yang menyebabkan para website ternama seperti Viacom, Yahoo, Google, dan sebagainya pun ikut menawar untuk membeli facebook.

Namun, Mark Zuckerberg dengan bijak mengatakan facebook Not For Sale. Melesatnya bisnis facebook membuat Zuckerberg menumpuk kekayaan yang luar biasa.

Majalah Forbes menyebutkan kekayaan Zuckerberg sendiri sudah mencapai 1,5 miliar atau sekitar 13,5 triliun di awal masuknya facebook ke pasar saham dan akan terus melambung.

Jangankan untuk anak seusia Zuckerberg, untuk orang dewasa pun harta sebanyak itu tentu jumlah yang luar biasa besar.

Maka tak bisa dipungkiri lagi, bahwa majalah tersebut menobatkannya sebagai The Youngest ‘Self Made’ Billionaire on the Planet.

Perselisihan dari facebook

Prestasi yang diraih Zuckerberg tidak selalu berjalan mulus. Beberapa kasus ia dapatkan dengan Facebook. Kasus tersebut datang dari rekan satu kampusnya, rekannya mengatakan bahwa rancangan facebook sebenarnya tiruan dari ConnectU.

Namun Zuckerberg tetap ngotot bahwa facebook sebenarnya adalah karyanya. Meskipun ConnectU kalah dalam persidangan pertama, perusahaan ini menggugat kembali pada bulan Maret 2008.

Perselisihan juga muncul dari negara-negara seperti Myanmar, Bhutan, Suriah, Arab Saudi, Iran, dan sebagainya. Mereka menyebutkan bahwa facebook mempromosikan serangan terhadap kekuasaan pemerintahan negara-negaratersebut. Sehingga facebook di-banned pada negara-negara tersebut.

Pada pertengahan kontroversi tersebut, nama facebook dan Mark Zuckerberg tetap disenangi banyak orang. di puncak kepopulerannya, dan jumlah kekayaannya yang sangat fantastis, ia tetaplah orang yang sederhana.

Buktinya adalah ia masih tinggal di apartemen sewaan dan di dalam kamarnya hanya berisi meja dan kursi, kemudian kasurnya diletakkan di lantai.

Zuckerberg Pernah beberapa kali terlihat pergi ke kantornya (Palo Alto) dengan berjalan kaki atau mengendarai sepeda.

Kata Bijak Mark Zuckerberg

biografi penemu facebook
facebook.com
  • Risiko terbesar adalah tidak mengambil risiko apa pun … Di dunia yang berubah sangat cepat, satu-satunya strategi yang dijamin gagal adalah tidak mengambil risiko.
  • Filosofi kami adalah bahwa kami lebih memedulikan orang lain.
  • Saya pikir aturan bisnis yang sederhana adalah, jika Anda melakukan hal-hal yang lebih mudah dulu, maka Anda benar-benar dapat membuat banyak kemajuan.
  • Saya selalu memberi tahu orang-orang bahwa Anda hanya harus mempekerjakan orang untuk berada di tim Anda jika Anda mau bekerja untuk mereka.
  • Mencari tahu apa tren besar selanjutnya memberi tahu kita apa yang harus kita fokuskan.
  • Dengan memberi orang kekuatan untuk berbagi, kami membuat dunia lebih transparan.
    Anda mendapatkan reputasi stabilitas jika Anda stabil selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Kata Bijak Jack Ma

Sekian dari pembahasan mengenai Biografi Penemu facebook (Mark Zuckerberg) semoga dapat terinspirasi. Terima kasih!!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.