Biografi Jack Ma

Biografi Jack Ma “Orang Terkaya Asia dan Pendiri Alibaba”

Biografi Jack Ma – Orang terkaya di China. Si Jenius dalam Berusaha, mungkin hanya ungkapan itu yang tepat disematkan untuk Jack Ma karena berkat ketekunan, kedisiplinan, serta kesabarannya, ia pernah disematkan menjadi orang terkaya nomor satu di China atau negeri tirai bambu.

Biodata Jack Ma

Nama Asli: Ma Yun

Nama Populer: Jack Ma

Lahir: Hangzhou, 10 September 1964

Orangtua: Ma Laifa (ayah), Cui Wencai (Ibu)

Anak: Ma Yuankun, Ma Yuanbao

Dikenal: Pendiri Alibaba.com

Kekayaan: 39 Miliar Dollar AS/ 563.3 Triliun Rupiah (Forbes, 2018)

Biografi Jack Ma Singkat

Jack Ma adalah pebisnis ternama keturunan Tionghoa yang mendirikan Alibaba Group. Pada tahun 2015, Jack Ma masuk ke daftar media bisnis Forbes dengan titel biliuner dunia yang berpengaruh.

Tentunya ia masuk dalam jajaran orang terkaya di China setelah. Semasa ia sedang menempuh pendidikannya, ia ditolak tiga tahun berturut-turut di Hangzhou Teacher’s Institute.

Setelah lulus Kuliah ia mencari pekerjaan, namun ia mendapat banyak penolakan sebanyak 30 kali. namun lihat ia sekarang tampan dan berani dengan perusahaan ciptaannya Alibaba dan Taobao.

Masa Muda dan Pendidikan Jack Ma

Biografi jack ma
(gettyimages.com)

Jack Ma, memiliki nama asli bernama Ma Yun (lahir 10 September 1964, Hangzhou, provinsi Zhejiang, Cina), pengusaha Cina yang merupakan kepala Alibaba Group, yang terdiri dari beberapa situs web paling populer di Tiongkok, termasuk pasar bussiness to bussiness Alibaba.com dan situs belanja Taobao.com.

Ma menjadi tertarik pada bahasa inggris ketika masih kecil, dan selama masa remajanya ia bekerja sebagai pemandu bagi turis asing menuju Hangzhou.

Ma gagal pada ujian masuk di Hangzhou Teacher’s Institute dua kali, dikarenakan ujian matematikanya tidak begitu baik. Ia akhirnya diterima pada percobaan ketiga, pada tahun 1984. dan ia lulus dengan gelar sarjana pada jurusan bahasa inggris pada tahun 1988.

Dari tahun 1988 hingga 1993 ia mengajar bahasa inggris di institut Elektronika dan Teknik Hangzhou (sekarang Hangzhou Dianzi Universitas).

Baca Juga: Biografi Jeff Bezos”Orang Terkaya Dunia dan Pendiri Amazon”

Karir Jack Ma

Karir pendiri alibaba
(ft.com)

Ma melamar pekerjaan sebanyak 30 kali pada perusahaan yang berbeda-beda, namun semuanya ditolak.

Pada tahun 1994, Ma mendengar tentang Internet dan ia kemudian mendirikan perusahaan pertamanya, Haibo Translation Agency. Haibo Translation Agency merupakan perusahaan yang menyediakan terjemahan dan interpretasi bahasa Inggris.

Dalam perjalanan ke Amerika Serikat atas nama pemerintah kota Hangzhou pada tahun 1995, Ma pertamanya kali menggunakan internet. Saat itu ia ingin mencari kata ‘Beer’ dan ‘China’.  Ma tidak menemukan hasil pencarian yang diharapkan melalui internet.

Berbekal rasa penasaran, dia lantas menciptakan laman website untuk jasa terjemahan bahasa China dengan seorang teman. Hanya dalam beberapa jam saja, dia menerima banyak surat elektronik (email) yang cukup membantunya membangun situs tersebut.


Ketika KFC masuk di China, dari 24 orang yang melamar kerja disana hanya 23 yang diterima dan saya satu-satunya orang yang ditolak bekerja disana – Jack Ma


Mendirikan Alibaba.com

Alibaba.com
(inc42.com)

Saat itu,dengan Internet ia melihat kurangnya situs web Tiongkok sebagai peluang bisnis Cina. dan merupakan salah satu perusahaan internet pertama di Cina.

Dua tahun kemudian ia meninggalkan perusahaan tersebut (Chinesepage), karena persaingan yang kuat dari perusahaan komunikasi Hangzhou Telecom, yang telah mendirikan perusahaan saingan, Chinesepage.

Dari tahun 1998 hingga 1999 Ma adalah kepala perusahaan internet di Beijing yang didukung oleh Kementerian Perdagangan Luar Negeri dan Kerjasama Ekonomi.

Namun, dia merasa bahwa jika dia tetap bersama pemerintah, dia akan kehilangan peluang ekonomi yang dibawa Internet. Ma membujuk timnya di kementerian untuk kembali ke Hangzhou bersamanya untuk mendirikan Alibaba Grup.

Alibaba merupakan perusahaan bisnis online yang dikhususkan untuk para pebisnis kecil. Ma yakin bahwa pasar internet bisnis-ke-bisnis-kecil memiliki potensi pertumbuhan yang jauh lebih besar daripada pasar internet bisnis-ke-konsumen.

Usaha kecil membayar biaya keanggotaan untuk disertifikasi sebagai penjual terpercaya di Alibaba, dengan biaya yang lebih besar dibebankan pada bisnis yang ingin menjual kepada pelanggan di luar Cina.

Perkembangan Alibaba dan Taobao

Pertumbuhannya cepat; pada tahun 2005 Alibaba menarik perhatian portal internet Amerika “Yahoo!”, yang membeli 40 persen saham, dan pada tahun 2007 Alibaba.com mengumpulkan 1,7 miliar dolar dalam penawaran umum perdana (IPO) di Hongkong.online

Pada tahun 2003 Ma menciptakan perusahaan baru, pasar online konsumen-ke-konsumen Taobao. Pada saat itu, perusahaan Amerika eBay, bekerja sama dengan perusahaan China EachNet, memiliki pangsa pasar 80 persen.

Tetapi Ma merasa bahwa kebijakan eBay-EachNet memungut biaya transaksi kepada pengguna adalah sebuah kelemahan. Taobao tidak membebankan biaya seperti itu tetapi menghasilkan uang dari iklan online dan penjualan layanan tambahan kepada pengguna.

Intuisi Ma terbukti benar; pada tahun 2007 Taobao memiliki 67 persen pangsa pasar, dan eBay mengakui kepemilikan mayoritas atas operasinya di China kepada perusahaan media berbahsa Mandarin TOM Group, yang menciptakan anak perusahaan TOM EachNet.

Pada tahun 2011 Ma mengumumkan bahwa Taobao akan dipecah menjadi tiga perusahaan: Taobao Marketplace, dimana indvidu dapat membeli dan menjual barang; dan eTao, mesin pencari terkait belanja.

Pada September 2014, Alibaba Group memulai IPO di New York Stock Exchange yang mengumpulkan 21,8 miliar dolar. IPO itu adalah yang terbesar di Amerika Serikat dan memberikan nilai pasar perusahaan terbesar 168 miliar dolar, nilai tertinggi dalam sejarah IPO pada waktu itu untuk perusahaan Internet mana pun.

Pada bulan September 2018 diumumkan bahwa Ma akan mengundurkan diri sebagai ketua Alibaba pada tahun berikutnya, meskipun ia akan tetap menjadi anggota dewan.

Kekayaan Jack Ma

Kekayaan Jack Ma
(voffice.co.id)

Pada bulan Agustus 2014, Jack Ma sebenarnya telah menyandang gelar sebagai miliarder terkaya di China. Kala itu, harta Ma diprediksi akan meroket saat Alibaba melepas saham perdananya di AS.

Benar saja, IPO yang digelar Alibaba di bursa saham New York akhir pekan lalu mencetak angka fantastis dan mencetak rekor dunia. Berkat nilai saham yang melonjak hingga 38 persen, harta kekayaan Ma kini bertambah hingga menjadi US$ 26,5 miliar.

Dia menjadi orang terkaya di China serta menempati posisi ke-23 di jajaran miliarder dunia. Beberapa miliarder lain mengatakan, itu baru permulaan, harga saham Alibaba masih akan terus melesat dan mengucurkan pundi-pundi uang lebih banyak ke kantong Ma.

Semangat di diri Ma, telah mengubah pria muda yang ditolak sekolah dan puluhan perusahaan menjadi salah satu miliarder terkaya di dunia.

Kata Bijak Jack Ma

kata bijak jack ma
Jangan menyerah. Hari ini sulit, besok akan lebih buruk, tetapi lusa akan menjadi sinar matahari.   (geckoandfly.com)
  • Jika anda tidak melakukannya, tidak ada yang mungkin.
  • Saya tidak peduli dengan pendapatan.
  • Saya tidak ingin disukai. Saya ingin dihormati.
  • Hal yang sangat penting yang harus Anda miliki adalah kesabaran.
  • Anda harus belajar dari pesaing Anda tetapi jangan pernah meniru. tiru dan kamu mati.
  • Sikap Anda lebih penting daripada kemampuan Anda. Demikian pula, keputusan Anda lebih penting daripada kemampuan Anda.
  • Jangan rekrut yang paling berkualitas, rekrutlah yang paling gila.
  • Kami tidak pernah kekurangan uang. Kita kekurangan orang dengan mimpi, yang bisa mati untuk mimpi itu.
  • Sekali dalam hidup Anda, cobalah sesuatu. Bekerja keras untuk sesuatu. Cobalah untuk berubah. Tidak ada hal buruk yang bisa terjadi.
  • Jika kami adalah tim yang baik dan tahu apa yang ingin kami lakukan, salah satu dari kami dapat mengalahkan sepuluh dari mereka.
  • Seorang pemimpin harus visioner dan memiliki pandangan jauh ke depan lebih dari seorang karyawan.
  • Ketika orang-orang terlalu memikirkan Anda, Anda memiliki tanggung jawab untuk tenang dan menjadi diri sendiri.
  • Jika Anda ingin menang di abad ke-21, Anda harus memberdayakan orang lain, memastikan orang lain lebih baik dari Anda. Maka Anda akan berhasil.
  • Hanya orang bodoh yang menggunakan mulut mereka untuk berbicara. Orang pintar menggunakan otaknya, dan orang bijak menggunakan hatinya.

Itulah ulasan singkat pembahasan mengenai Biografi Jack Ma semoga dapat menginspirasi anda. Sekian dan terima kasih!!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.