Organel Sel Tumbuhan

Organel Sel Tumbuhan dan Fungsinya

Organel Sel Tumbuhan – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sel tumbuhan. Pokok-pokok yang akan dibahas mulai dari pengertian sel tumbuhan, gambar struktur, fungsi, tipe – tipe sel jaringan, dan contohnya.

Pengertian dari Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan adalah bagian terkecil dari setiap organ tumbuhan. Sel tumbuhan adalah sebuah penggerak dari suatu tumbuhan itu sendiri. Sel tumbuhan merupakan jenis sel eukariota, dan sel tumbuhan cukup berbeda dengan sel organisme eukariotik yang lainnya. Fitur-fitur berbeda tersebut meliputi:

  1. Vakuola
  2. Dinding sel
  3. Plasmodesmata
  4. Plastida
  5. Kelompok tumbuhan tidak berflagella

Fungsi Sel Tumbuhan

Fungsi sel tumbuhan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. sebagai penggerak seluruh aktivitas yang ada di dalam tubuh tumbuhan
  2. berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
  3. sebagai penyusun tubuh tumbuhan tersebut
  4. berperan dalam sebuah reproduksi tumbuhan.
  5. pembawa sifat genetik pada tumbuhan tersebut.

Jenis-Jenis Sel yang Terdapat Pada Tumbuhan

1. Sel Parenkim

Sel parenkim memiliki sebuah fungsi untuk menyokong berdirinya suatu tumbuhan dan juga merupakan dasar bagi semua struktur dan fungsi pada tumbuhan.

selain itu sel ini berperan sebagai tempat penyimpanan, dukungan terhadap fotosintesis, tempat berikatnya floem.

Sel parenkim juga mempunyai dinding primer yang tipis serta sitoplasma yang sangat fungsional. Sel ini hidup pada saat dewasa dan bertanggung jawab terhadap fungsi biokimia tersebut.

Sel parenkim bisa tumbuh menjadi duri yang dapat mencegah hewan herbivora yang ingin memakan sel ini. Sel klorenkim merupakan sel parenkim yang mengandung banyak kloroplas dan juga berperan penting dalam proses fotosintesis. Sebagian besar sel parenkim mempunyai fungsi penyimpanan di umbi kentang dan kotiledon dan biji kacang-kacangan.

2. Sel Kolenkim

Kolenkim adalah jaringan hidup dan erat kaitannya dengan parenkim serta terspesialisasi sebagai penyokong dalam organ yang muda.

Sel kolenkim tersusun atas berkas atau silinder dekat permukaan korteks pada batang tumbuhan dan tangkai daun serta sepanjang tulang daun besar pada helai daun.

Sel kolenkim mempunyai dinding primer lebih tebal dibandingkan dengan sel parenkim.

Sel kolenkim hidup saat sudah dewasa serta mempunyai sebuah dinding primer. ciri khas sel kolenkim adalah memiliki dinding yang tidak menebal secara merata.

Kolenkim sendiri jarang ditemukan pada akar. Sel parenkim tidak mempunyai dinding sekunder dan dinding lignin. sel kolenkim umumnya cukup memanjang dan melintang, yang bertujuan agar dapat memberikan fleksibilitas.

3. Sel Sklerenkim

Sel sklerenkim merupakan sel yang keras dan tangguh yang dapat memberikan kekuatan pada tumbuhan.

Sel sklerenkim membentuk sebuah kumpulan sel yang berkesinambungan atau berupa berkas yang ramping. Selain itu, sklerenkim juga terdapat di antara sel – sel yang lainnya.

Sklerenkim berkembang dalam tubuh tumbuhan primer maupun tumbuhan sekunder. Dinding dari sel ini tebal, sekunder dan sering berlignin, serta pada saat dewasa protoplasnya bisa hilang.

Jaringan sklerenkim adalah tipe jaringan permanen sederhana. Tipe sel pada jaringan ada dua jenis, yaitu serabut dan sklereida.

Kedua macam sel tersebut mengandung selulosa dan lignin yang kemudian disekresikan oleh protoplas sel-sel tersebut dan sel-sel itu berdinding sangat tebal.

Sel-sel tersebut tidak dapat bertahan lama karena tidak mampu lagi untuk melakukan pertukaran zat untuk melakukan metabolisme.

Sel sklerenkim umumnya akan mati pada waktu tertentu, sitoplasma akan hilang, dan juga meninggalkan rongga kosong.

4. Sel Xilem

Sel xilem berfungsi untuk mengangkut air dan zat hara dari tanah atau akar menuju daun untuk melakukan fotosintesis. Sel xilem merupakan sel yang telah mengalami lignifikasi dinding sel.

5. Sel Floem

Sel floem merupakan sel yang menyusun jaringan khusus yang berperan dalam pengangkutan di dalam tubuh tumbuhan. Lumut tidak mempunyai floem. Dalam Sel floem terdiri atas dua jenis sel yaitu tabung saringan dan sel pendamping.

Pada tabung saringan tidak terdapat inti sel dan juga ribosom serta metabolismenya diatur oleh sel pendamping. Sedangkan pada sel pendamping terhubung ke tabung saringan melalui plasmodesmata.

6. Sel Epidermis

Sel epidermis adalah sel parenkim khusus yang terdapat di seluruh permukaan daun, batang, dan juga akar.

Tipe-Tipe Jaringan Pada Sel Tumbuhan

  • Jaringan Epidermis : Sebuah jaringan paling luar yang membungkus tumbuhan.
  • Jaringan Pengangkut : Berperan dalam pengangkutan di dalam tubuh tumbuhan.
  • Jaringan Dasar : Melakukan proses fotosintesis, penyimpanan makanan, dan penyokong struktur.
  • Parenkim : Sebuah dinding primer tipis, tidak memiliki dinding sekunder, namun dapat berkembang menjadi jaringan tumbuhan yang lebih terspesialisasi.
  • Kolenkim : Sebuah dinding primer yang tebal dan bergabung untuk menyokong bagian tumbuhan yang sedang tumbuh.
  • Sklerenkim : Sebuah dinding sekunder tebal dan menyokong bagian tumbuhan yang tidak tumbuh.

Karakteristik Sel Tumbuhan

Berikut ini merupakan karakteristik sel tumbuhan yang membedakannya dengan sel hewan, di antaranya adalah:

  1. Vakuola yang berukuran besar (dikelilingi membran, disebut tonoplas), yang menjaga turgor sel dan mengontrol pergerakan molekul di antara sitosol dan getah)
  2. Dinding sel yang tersusun atas selulosa dan protein dalam banyak kasus lignin, dan disimpan oleh protoplasma di luar membran sel. Ini berbeda dengan dinding sel fungi, yang dibuat dari kitin, dan prokariotik, yang dibuat dari peptidoglikan.
  3. Plasmodesmata, merupakan pori-pori penghubung pada dinding sel berdekatan lainnya. Ini berbeda dari jaringan hifa yang digunakan oleh fungi.
  4. Plastida, terutama kloroplas yang mengandung klorofil, pigmen yang memberikan warna hijau bagi tumbuhan dan memungkinkan terjadinya fotosintesis.
  5. Kelompok tumbuhan tidak berflagella (termasuk konifer dan tumbuhan berbunga) juga tidak memiliki sentriol yang terdapat di sel hewan.

Bagian-Bagian yang Terdapat di Sel Tumbuhan

Berikut ini merupakan bagian-bagian yang terdapat di sel tumbuhan.

1. Organel Sel Tumbuhan #Membran Sel

organel sel tumbuhan dan fungsinya
ilmudasar.com

Membran sel adalah fitur universal yang dimiliki oleh semua jenis sel berupa lapisan antarmuka yang disebut membran plasma, yang memisahkan sel dengan lingkungan di luar sel, terutama untuk melindungi inti sel dan sistem kelangsungan hidup yang bekerja di dalam sitoplasma.
sebelum lanjut membahas dinding sel ada baiknya kalian membaca tentang membran sel secara lengkap.

2. Organel Sel Tumbuhan #Dinding Sel

organel sel tumbuhan
ilmusiana.com

Dinding atau tembok sel adalah struktur di luar membran plasma yang membatasi ruang bagi sel untuk membesar.

3. Organel Sel Tumbuhan #Plasmodesmata

organel sel tumbuhan
edubio.info

Plasmodesmata (bentuk jamak dari plasmodesma) adalah suatu saluran terbuka pada dinding sel tumbuhan melalui mana benang sitosol terhubung dari sel-sel tetangganya.

4. Organel Sel Tumbuhan #Vakuola

organel sel tumbuhan
gurupendidikan.co.id

Vakuola adalah ruang dalam sel yang berisi cairan (cell sap dalam bahasa Inggris) yang berupa rongga yang diselaputi membran (tonoplas).

Baca Juga: Organel Sel Hewan dan Fungsinya

5. Organel Sel Tumbuhan #Plastida

organel sel hewan
seputarilmu.com

Plastida adalah organel penyimpanan materi yang diselubungi oleh membran ganda. Antara membran dalam dan membran luar dipisahkan oleh ruangan sempit intermembran. Plastida hanya terdapat pada sel tumbuhan, alga (ganggang).

6. Organel Sel Tumbuhan #Badan Golgi

organel sel tumbuhan dan fungsinya
wikipedia.org

Badan Golgi (disebut juga aparatus Golgi, kompleks Golgi atau diktiosom) adalah organel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel, dan struktur ini dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa.

7. Organel Sel Tumbuhan #Ribosom

organel sel hewan
eoksistem.co.id

Ribosom adalah salah satu organel yang berukuran kecil dan padat dalam sel yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein. Ribosom berdiameter sekitar 20 nm serta terdiri atas 65% RNA ribosom (rRNA) dan 35% protein ribosom (disebut Ribonukleoprotein atau RNP). Sebelum lanjut sebaiknya kalian membaca selengkapnya mengenai ribosom.

8. Organel Sel Tumbuhan #Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma
wikipedia.org

Retikulum endoplasma (RE) adalah organel intraseluler terikat membran terbesar yang ditemukan dalam sel eukariotik (prokariota tidak memiliki organel yang terikat membran). Retikulum endoplasma adalah organel yang sangat dinamis yang memancar dari selaput nukleus ke arah membran plasma. Baca juga selengkapnya mengenai retikulum endoplasma secara lengkap.

9. Organel Sel Tumbuhan #Mitokondria

Mitokondria
wikipedia.org

Mitokondria adalah salah satu organel sel dan berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel pada makhluk hidup, selain fungsi selular lain, seperti metabolisme asam lemak, homeostasis kalsium, transduksi sinyal selular, biosintesis pirimidina, dan penghasil energi yang berupa adenosina trifosfat pada lintasan katabolisme.

10. Organel Sel Tumbuhan #Mikrotubulus

Mikrotubulus
wikipedia.org

Mikrotubulus (jamak: mikrotubula) adalah organel sel,di dalam sitoplasma semua sel eukariot, berupa silinder panjang yang berongga dengan diameter luar kira-kira 25 nm dan diameter dalam ± 12 nm. Panjangnya beragam dari beberapa nanometer sampai beberapa mikrometer.

12. Organel Sel Tumbuhan #Mikrofilamen

Mikrofilamen
ekosistem.co.id

Mikrofilamen atau filamen aktin adalah bagian dari kerangka sel (sitoskeleton) yang berupa batang padat berdiameter sekitar 7 nm dan tersusun atas protein aktin, yaitu suatu protein globular.

13. Organel Sel Tumbuhan #Lisosom

Lisosom
rumus.co.id

Lisosom adalah organel sel berupa kantong terikat membran yang berisi enzim hidrolitik yang berguna untuk mengontrol pencernaan intraseluler pada berbagai keadaan.

14. Organel Sel Tumbuhan #Hyaloplasma

Hyaloplasma
rumus.co.id

Hyaloplasma adalah cairan yang sedikit kental pada sitoplasma. Ini mengandung protein, lemak, nukleotida, tRNA, gula, kation, dan anion. Hyaloplasma ini adalah rumah organel sel, sitoskeleton, dan parameter plasma.

15. Organel Sel Tumbuhan #Nukleus

Inti Sel (Nukleus)
seputarilmu.com

Inti sel atau nukleus adalah organel yang ditemukan pada sel eukariotik. Organel ini mengandung sebagian besar materi genetik sel dengan bentuk molekul DNA linier panjang yang membentuk kromosom bersama dengan beragam jenis protein. Gen di dalam kromosom-kromosom inilah yang membentuk genom inti sel.

Baca Juga: Fungsi Organel-Organel Sel

Struktur Sel yang Terdapat pada Tumbuhan

1. Struktur Membran Sel
Organel sel tumbuhan dan fungsinya

Struktur penyusun membran sel antara lain ialah fosfolipid, protein, oligosakarida, glikolipid, dan kolesterol.

2. Struktur Badan Golgi
organel sel tumbuhan dan fungsinya

Struktur badan Golgi berupa berkas kantung berbentuk cakram yang bercabang dan menjadi serangkaian pembuluh yang sangat kecil di ujungnya.

3. Struktur Retikulum Endoplasma

organel sel tumbuhan dan fngsinya
hisham.id

Fungsi Masing-Masing Sel yang Terdapat pada Tumbuhan

  1. Fungsi Membran Sel :  Untuk memisahkan sel dengan lingkungan di luar sel, terutama untuk melindungi inti sel dan sistem kelangsungan hidup nya yang bekerja di dalam sitoplasma.
  2. Fungsi Dinding Sel ialah untuk membentuk sel tumbuhan, melindungi bagian dalam sel dari pengaruh lingkungan, dan menjaga sel tumbuhan agar tidak pecah akibat masuknya air secara berlebihan.
  3. Fungsi Vakuola :
    • Tempat penyimpanan zat cadangan makanan, contoh seperti amilum dan glukosa.
    • Tempat menyimpan pigmen seperti daun, bunga, dan buah.
    • Tempat menyimpan minyak atsirik seperti golongan minyak yang memberikan bau khas contoh nya minyak kayu putih.
    • Mengatur turgiditas sel ( tekanan osmotik pada sel).Tempat penimbunan sisa – sisa metabolisme dan metabolik sekunder seperti getah karet, alkaloid, tanin, dan kalsium oksabit.
  1. Fungsi Plastid ialah untuk tempat berfotosintesis, sintesis asam – asam lemak, dan beberapa fungsi sehari – hari dari sel.
  1. Fungsi Badan Golgi :
    • Membentuk sebuah kantung ( vesikula ) untuk sekresi.
    • Membentuk sebuah membran plasma.
    • Membentuk sebuah dinding sel tumbuhan.
    • Tempat untuk memodifikasi protein.
    • Untuk menyortir dan memaket molekul – molekul untuk sekresi pada sel.
    • Transpor lipid.
    • Untuk membentuk lisosom.
    • Membentuk sebuah akrosom pada spermatozoa yang berisi enzim untuk memecah dinding sel telur.
  1. Fungsi Retikulum Endoplasma :
    • Menjadi tempat penyimpanan calcium.
    • Memodifikasi protein yang di sintesis oleh ribosom untuk di salurkan ke kompleks golgi dan pada akhirnya di keluarkan dari sel.
    • Mensintesis lemak dan kolesterol, dan ini terjadi di hati.
    • Menetralkan racun ( detoksifikasi ).
    • Transportasi molekul – molekul dari bagian sel yang 1 ke bagian sel yang lain nya.
  2. Fungsi Mitokondrion ialah menjadi pabrik energi sel yang menghasilkan energi dalam bentuk ATP (Adenosin Trifosfat ).

Itulah penjelasan lengkap tentang organel sel tumbuhan beserta dengan pengertian, struktur, fungsi, dan contoh bagian – bagian nya dengan gambar HD semoga bermanfaat

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.