Pengalaman Menjadi Siswa Baru di SMA

SMA merupakan masa-masa yang penuh cerita, dimana semua kenangan berada. Mungkin kalian yang masih berada di bangku SMA, belum merasakannya.

Seperti berangkat pagi, mengerjakan PR di Sekolah (hayo siapa tuh, hihi), belajar sama teman, Ngobrol sama teman, sampai tidur di kelas (waduh jangan sampai yah).

Ada pepatah dari suatu film “siapa sangka sesuatu yang kita anggap biasa setiap harinya ternyata begitu berharga. #Stand by me, Doraemon

Sekilas Tentang Sekolah

alkautsarlampung.sch.id

Al-Kautsar, merupakan nama sekolah saat aku SMA dulu. Kebetulan saat SD aku juga bersekolah disana. Jadi ada beberapa wajah-wajah yang masih kuingat.

SMA-ku ini bukan kaleng-kaleng loh, kabarnya SMA Al-Kautsar merupakan SMA terbaik kedua se-Bandar Lampung.

Dan Al-Kautsar tidak hanya SMA saja, tapi ada TK, SD, SMP, dan Asrama. Dan kalau kita mendapatkan peringkat 1, 2, 3 umum di sekolah akan mendapatkan beasiswa penuh dari sekolah.

Masa Orientasi Sekolah

Masa orientasi sekolah atau yang biasa disingkat MOS, setiap siswa yang baru saja diterima disuatu sekolah pasti sering mendengar nama ini. Tujuannya untuk mengenalkan kita pada lingkungan sekitar sekolah. MOS disekolahku waktu itu sampai seminggu lamanya.

Hari pertama Sekolah

Hari pertamaku di sekolah kulakukan seperti biasa, yakni  mahal suara alias pendiam. Hari pertama biasanya belum ada materi dan belum ada jadwal pelajaran tentunya, apalagi ketua kelas.

Perkenalan juga belum ada, ya? ada dong masa iya sih nggak ada. Oh iya temen-temen waktu kelas satu aku duduk sebangku dengan temanku yang nantinya jadi teman terdekatku saat kelas 2 SMA sampai sekarang, namanya Angga.

Orangnya hiperaktif, suka melakukan hal dengan berlebihan, rapuh sok tegar tapi kalau sudah diajak bicara orangnya asyik.

Pemilihan Ekskul

Oh iya temen-temen di tempat kalian ada yang seperti di SMA-ku tidak? Sebelum pemilihan ekskul biasanya ada sebuah festival dari masing-masing ekskul.

Nah di tempatku ada nih temen-temen. mulai dari pertunjukan kostum cosplay dari anak jejepangan, sampai atraksi melewati pecahan kaca yang berapi-api.

Kalau yang cosplay ini biasanya pakai kostum seperti Gundam, dan sejenisnya.

Oh iya kalian tau nggak sih cosplay itu apa? Cosplay adalah sebutan untuk orang-orang yang hobi meniru kostum dari karakter animasi film yang digemari.

Lalu atraksi melewati pecahan kaca yang berapi-api. Atraksi ini dilakukan oleh profesional ya temen-temen, jangan ditiru, pokoknya jangan deh kecuali ada pembimbingnya. Nah atraksi ini dilakukan oleh anak-anak ekskul Taekwondo.

Usut punya usut di tengah atraksi terdapat sebuah kecelakaan yang tidak diduga nih. Soalnya salah satu anggota mereka menyiram bensin ke kacanya setelah api dihidupkan.

Alhasil api pun menyambar sampai jerigen bensin. Sesaat setelah kecelakaan anak PMR dengan sigap mencoba mematikan apinya dengan kain yang basah.

Namun karena salah seoarang anggota PMR tidak sabar untuk mengangkut kain basahnya jadi apinya menyambar ke sepatunya deh.

Untung api berhasil dijinakkan,lalu si korban langsung dibawa ke UKS sekolah nih temen-temen.

Oh iya temen-temen, pada akhirnya aku memilih masuk ke ekskul English Club. Banyak sekali yang mendaftar ke klub ini temen-temen.

Rasanya waktu itu hampir seperlima dari siswa baru yang memilihnya. Ada beberapa alasan mengapa bisa sebanyak itu. karena Kelas Bilingual (dua bahasa) dan kelas unggulan harus masuk ke klub itu, temen-temen.

Kalau alasanmu apa, bang? Cuma ikut-ikutan aja hihi. Soalnya teman-temanku yang humor banyak yang masuk ke klub itu.

Kebiasaan di Sekolah

Hmm kalau soal kebiasaan di sekolah sih, di sekolahku punya kebiasaan yang bebeda loh temen-temen. Tiap bertemu sama guru-guru bukan hanya cium tangan saja tapi diwajibkan harus ucapkan salam terus kalau bukan mahramnya hanya mengucapkan slaam saja.

Maklum sih sekolahku kan berbasis Islami. Bukan hanya itu saja, tapi ada makanan yang cukup khas di kantin-kantin sekolahku, namanya mi serundeng.

Padahal isinya hanya mi instan dicampur 1 bumbu saja, hanya saja aku lupa nama bumbunya. Yang jelas hanya namanya saja serundeng tapi serundengnya tidak ada, aneh ya hihi.

Ada satu lagi nih temen-temen kebiasaan di sekolahku, yaitu setiap sore ada jadwal pertandingan bola antar kelas,

Ujian Matematika

Nah  ada satu kejadian yang membuatku sedih nih temen-temen, yaitu saat ujian harian.

Waktu itu pak guru sudah bilang, “kalau kalian ketahuan contekan, atau kasih contekan nilai ujian kalian akan bapak sobek, dan tidak dinilai”. Aku sih bodo amat waktu itu.

Oh ya temen-temen aku lumayan jago kalau soal matematika, jadi kalau masalah ujian matematika aku pede abis pokoknya.

Jadi saat ada temen minta jawaban pasti kuberikan. Naasnya waktu itu aku pernah ketahuan memberikan jawaban, jadinya disobek deh kertas ujiannya. Alhasil aku ngotot sambil nangis-nangis untuk ujian ulang hihi.

Udah salah ngotot pula tuh, dan akhirnya guruku hanya menolakku saja dan tidak memberikan nilai sama sekali.

Beruntung Saat Tanding Bola

Saat sore biasanya ada saja pertandingan bola antar kelas nih temen-temen, tapi hanya ada di semester pertama saja diadakannya. Pernah pada suatu pertandingan aku mencetak gol, golnya bukan kaleng-kaleng nih temen-temen.

Jadi saat itu ada pertandingan kelasku X.3 melawan kelas X.5. nah singkat cerita kawanku waktu itu memberikan aba-aba untuk membuang bolanya.

Terus karena biasanya aku menendangnya cukup asal-asalan secara tidak sengaja bolanya melambung tinggi dari arah pertahanan ke arah kandang lawan hingga akhirnya mencetak sebuah gol.

Seminggu Menjadi Santri Kilat

Ada yang kelupaan nih, biasanya sesudah diterima menjadi siswa di SMA Al-Kautsar biasanya sekolah mengadakan program santri kilat selama satu minggu.

Yang dilakukan hanya hal-hal yang biasa dilakukan di sekolah nantinya. Mungkin tujuannya agar bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah.

Selama satu minggu yang dilakukan hanya shalat lima waktu, shalat dhuha, baca Al-Qur’an, dan Shalat Tahajud.

Ada satu kebiasaan buruk siswa di sekolah ini nih selama menjadi santri, yaitu saat membangunkan para siswa untuk mengerjakan shalat tahajud.

Para kakak kelas membangunkan kami dengan membenturkan pintu sekuat tenaga ke dinding. Alhasil sekamar langsung kaget sekaligus jantungan dan ini juga merupakan kebiasaan buruk para pelajar di daerah Sumatera.

Bimbel Setelah Selesai Jam Pelajaran

Sekolahku termasuk sekolah yang pulangnya lama loh temen-temen. Setelah jam pelajaran selesai biasanya ada jam bimbel dari sekolah, tapi tidak setiap hari hanya sampai hari.

Jadwal bimbel di sekolahku dimulai dari hari Senin sampai Kamis. Untuk kelas satu dan dua diberikan pelajaran yang sama. Yaitu Pelajaran Agama, Bahasa Inggris, Komputer, dan Talaqqi.

Tiap kelas-kelas memiliki jadwal yang berbeda-beda. Sedangkan untuk kelas tiga, fokus pada pelajaran yang akan di-UN-kan.Nah itulah pengalamanku saat menjadi siswa baru di SMA. Gimana temen-temen seru nggak? Tulis di komentar ya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.