cara menentukan ide pokok

Cara Menentukan Ide Pokok

Cara Menentukan Ide Pokok – Dalam suatu paragraf pastinya ada kalimat utama, kalimat penjelas dan ide pokok. Setiap kali kalian ujian Bahasa Indonesia, pastinya kalian akan menemui pertanyaan tentang ide pokok, dan seringkali kalian masih kebingungan untuk menentukan ide pokok pada suatu bacaan.

Oleh karena itu, kali ini kami akan membantu kalian membahas mengenai ide pokok. Pokok-pokok yang akan dipelajari adalah pengertian ide pokok, fungsi ide pokok, ciri-ciri, istilah lain, cara menentukan ide pokok.

1. Ide Pokok

A. Pengertian

Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok biasanya terdapat dalam kalimat utama. Secara umum, paragraf terbentuk oleh 2 unsur, yaitu ide pokok dan ide penjelas.

Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok dapat ditemukan dalam kalimat utama. Nama lain dari ide pokok adalah gagasan utama, gagasan pokok, dan sebagainya. Dalam satu paragraf hanya ada satu kalimat utama, sehingga dalam satu paragraf hanya ada satu ide pokok.

Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya terdapat ide pokok paragraf. Kalimat utama yang dijelaskan oleh kalimat kalimat lain dalam paragraf disebut sebagai kalimat penjelas.

B. Fungsi

Fungsi ide pokok adalah

  • Menjelaskan inti dari suatu paragraf
  • Mempermudah pembaca memahami suatu paragraf.
  • Mempermudah kita untuk mengetahui ide utama dari suatu paragraf

C. Ciri Ciri

cara menentukan ide pokok

Ciri-ciri ide pokok adalah:

  • Memiliki kalimat pendukung atau penjelas yang berguna sebagai pengembangan dari ide pokok.
  • Inti dari sebuah paragraf atau pusat pembahasan.
  • Biasanya terdapat di dalam kalimat utama.
  • Adanya kalimat yang mendukung, seperti penjelasan atau alasan yang menguatkannya.

Contoh dalam menentukan ide pokok

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin bahwa seluruh kementerian/lembaga (K/L) kompak menangani permasalahan yang ada di Natuna, Kepulauan Riau (Kepri). Pada tahun 2016, Jokowi juga telah menginstruksikan kepada seluruh K/L untuk mengembangkan wilayah natuna, terutama perikanan, migas dan pertahanan. Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP), Jaleswari Pramodhawardhani mengatakan bahwa instruksi Presiden Jokowi juga sudah disepakati oleh seluruh perwakilan K/L pada rapat koordinasi mengenai Natuna di KSP siang ini.

Kalimat utama dari paragraf tersebut terletak di awal paragraf, yaitu “Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin bahwa seluruh kementerian/lembaga (K/L) kompak menangani permasalahan yang ada di Natuna, Kepukauan Riau (Kepri)”.

Sedangkan Ide pokok dari paragraf tersebut adalah tentang Jokowi ingin K/L kompak masalah Natuna. Dari ide pokok ini, kita dapat mengetahui isi secara keseluruhan dari suatu paragraf.

D. Istilah lain ide pokok

ide pokok

Istilah lain ide pokok sangat banyak, untuk itu kami sarankan untuk kalian ingat-ingat. Berikut merupakan istilah lain dari ide pokok.

  • Gagasan utama
  • Gagasan pokok
  • Pokok pikiran
  • Pokok masalah/permasalahan
  • Pikiran utama
  • Inti paragraf
  • Inti masalah
  • Tema
  • Topik
  • Simpulan

Pada dasarnya, semua istilah di atas sama saja. Sehingga, jika ditanyakan pengertian pikiran utama, jawabannya sama seperti ide pokok, yaitu inti suatu paragraf. Demikian juga dengan gagasan utama, gagasan pokok dan lainnya, jawabannya juga sama.

E. Menentukan Ide Pokok

ide pokok

Cara menentukan ide pokok secara garis besar ada dua cara, yaitu sesuai dengan jenis paragrafnya.

1. Paragraf yang Memiliki Kalimat Utama
Paragraf yang memiliki kalimat utama sangatlah mudah, yaitu dengan mengambil isi kalimat utama itu sendiri.

Contoh
Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Kekayaan alam itu adalah kekayaan alam yang bersumber dari laut, darat, dan dari dalam perut bumi. Kekayaan alam yang bersumber dari laut adalah ikan, rumput laut, dan mutiara. Sedangkan kekayaan alam yang bersumber dari darat adalah hasil-hasil dari hutan. Sementara, kekayaan alam yang bersumber dari dalam perut bumi adalah minyak, batu bara, emas, timah, nikel, dan sebagainya.

Ide pokok paragraf di atas terletak pada kalimat pertama karena kalimat utama dari paragraf di atas terletak pada kalimat pertama. Ide pokok paragraf di atas adalah “Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah.

2. Paragraf yang tidak memiliki kalimat utama
Cara menentukan ide pokok paragraf yang tidak memiliki kalimat utama, yaitu dengan meyimpulkan isi paragraf tersebut.

Contoh
Banjir melanda daerah Sumatera Selatan dengan ketinggian satu meter. Banjir juga melanda wilayah Sumatera Barat dengan ketinggian satu setengah meter. Seolah tak mau kalah, Jakarta dilanda banjir dengan ketinggian mencapai satu setengah meter.

Ide pokok dari paragraf di atas adalah Banjir melanda beberapa wilayah Indonesia.

F. Langkah-Langkah Menemukan Ide Pokok

Jika kalian masih kebingungan untuk menentukan ide pokok, apalagi kalau kalimat utama dalam suatu paragraf tidak terdapat dalam paragraf tersebut. Berikut ini merupakan cara paling efektif dalam menentukan ide pokok pada suatu paragraf.

  1. Baca Seluruh paragraf dengan cermat
  2. Cermati kalimat pertama hingga akhir
  3. Baca kalimat demi kalimat sampai kamu menemukan ide pokok paragraf. Dalam suatu paragraf, biasanya ide pokok terletak di awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf
  4. Tandai ide pokok tiap paragraf
  5. Tandai info penting dalam tiap paragraf

2. Contoh Soal Ide Pokok

Contoh soal 1
Sejak Terjadinya bencana alam seperti gempa bumi serta juga gelombang tsunami di Aceh, seringkali bencana disebut dan juga dijadikan sebagai sarana untuk dapat memungut uang dari masyarakat. Banyak dari organisasi maupun kelompok orang yang tidak bertanggung jawab yang meminta sumbangan untuk para korban bencana tersebut. Mereka beroperasi pada bus kota, lampu merah, serta pinggir-pinggir jalan lainnya dengan mengatasnamakan Departemen Sosial.

Ide pokok paragraf di atas adalah “Seringkali bencana disebut dan juga dijadikan sebagai sarana memungut uang dari masyarakat.

Contoh soal 2
Banjir sudah menjadi hal yang biasa di kota Jakarta, hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor. Pertama, saluran irigasi sungai tidak berfungsi dengan baik. Kedua, pendangkalan sungai dan sulitnya proses normalisasi sungai. Ketiga, kurang pedulinya warga dan para pengusaha terhadap lingkungan dengan membuang sampah sembarangan. Terakhir, pembangunan gedung, jalan, dan bangunan lainnya yang membuat tanah susah menyerap air, selain itu pepohonan hijau juga menjadi berkurang dan menyebabkan keseimbangan alam terganggu sehingga menjadi banjir.

Kalimat utama dari paragraf di atas adalah “Banjir sudah menjadi hal yang biasa di kota Jakarta, hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor”.

Ide pokok dari paragraf di atas adalah “Penyebab Masalah Banjir di Ibukota”.

Contoh soal 3
Mengatur pola minum air itu ternyata sangat penting. Jangan sampai kita kekurangan cairan. Kenapa? Karena jika kekurangan cairan, kita bisa terkena dehidrasi. Saat dehidrasi, konsentrasi kita berkurang dan badan kita juga akan terasa lemas.

Ide pokok dari paragraf di atas adalah “Mengatur pola minum air itu penting”

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai ide pokok. Semoga para pembaca dapat mengetahui pengertian ide pokok, hingga cara menentukan ide pokok. Jangan lupa juga untuk membaca yang lainnya, agar wawasanmu bertambah luas. Terima kasih!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *